PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Tindak lanjut aksi demo yang dilakukan oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Pelalawan Bersatu (IPM-PB) dan masyarakat ke PT Peputra Serikat Jaya (PSJ) pada Kamis (21/8/2014) kemarin, akhirnya PT PSJ mengabulkan segala tuntutan para pendemo.

"Dari hasil pertemuan lanjutan kemarin, akhirnya pihak perusahaan mau mengabulkan semua tuntutan kami,"kata Koordinator Lapangan IPM-PB, Jamaran, melalui Sekjen IPM-PB, Dwi Surya Pamungkas, Jumat (22/8/2014).

Dijelaskannya, diantara tuntutan mahasiwa dan masyarakat yang tergabung dalam IPM-PB itu diantaranya yakni perusahaan harus merehabilitasi kembali anak sungai Gondai yang telah dicemari oleh limbah perusahaan.

Kemudian perusahaan juga harus menebar benih-benih ikan yang telah mati akibat pencemaran limbah yang dilakukan oleh mereka.

Selain itu, sambungnya, untuk realisasi CSR-nya, perusahaan untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu khususnya yang berasal dari Desa Gondai, honor untuk guru ngaji, kas untuk pemuda setempat, pembuatan sumur bor, pemberian plasma KKPA.

"Insya Allah, kesepakatan tuntutan itu akan ditandatangani hari Senin (25/8/2014) besok di Pekanbaru,"sebutnya.

Dwi menambahkan, item-item perjanjian itu akan ditandatangani oleh perusahaan dan perwakilan IPM-PB serta masyarakat. Dwi menegaskan, namun yang lebih penting dari semua itu, IPM-PB mengharapkan agar perusahaan bisa berjanji untuk tidak terulangi lagi kejadian pencemaran lingkungan.(***)