BENGKALIS, GORIAU.COM - Sebanyak 3.600 peserta ambil bagian pada lomba Mancing Mania yang digagas Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kabupaten Bengkalis di Selat Bengkalis, Minggu (28/12/2014). Lomba yang memperebutan 1 unit mobil Nissan Datsun Go Panca Hatcback sebagai hadiah utama tersebut resmi dibuka Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh.

Herliyan pada kesempatan itu megimbau masyarakat, termasuk seluruh peserta, untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan laut. Diantaranya dengan tidak membuang sampah ke laut.

''Apalagi sampah yang dibuang ke laut tersebut adalah sampak anorganik yang sulit hancur, seperti plastik,'' ujar Herliyan sebagaimana dikutip staf Bagian Humas Pemkab Bengkalis, Indra Jaya.

Diingatkan Herliyan, jika lingkungan laut rusak, maka habibat ikan menjadi terganggu. Ikan akan sulit atau bahkan tidak lagi dapat berkembang biak.

''Kalau lingkungan laut rusak, ikan akan sulit didapat. Artinya, bila lingkungan laut rusak yang rugi kita semua,'' pesan Herliyan, seraya berharap kegiatan lomba mancing ini dijadikan agenda rutin.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kabupaten Bengkalis, H Indra Gunawan Eet mengatakan, Mancing Mania ini akan dijadikan agenda tahun AMPG Kabupaten Bengkalis.

''Insya Allah ke depan kegiatan Mancing Mania ini tetap akan digelar AMPG Kabupaten Bengkalis. Akan dijadikan agenda tetap tahunan,'' ujar Eet yang juga wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis ini.

Dijelaskan Eet, selain 1 unit Nissan Datsun Go Panca Hatcback untuk pemenang pertama, panitia juga menyediakan berbagai hadiah menarik lainnya. Untuk pemenang kedua dan ketika, masing-masing akan mendapatkan 1 unit sepeda motor Kawasaki Streker dan 1 unit Honda Matic. Sedangkan untuk hadiah hiburan, diantaranya kulkas, televise dan mesin cuci.

Di samping para penggemar olahraga memancing dari seluruh kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, lomba yang dipusatkan di Selat Bengkalis ini juga diikuti ratusan peserta dari luar Kabupaten Bengkalis. Diantaranya dari Kota Dumai, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kepulauan Meranti.(jfk)