PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Sedikitnya 2.790 rumah di Pelalawan Riau terisolasi karena terkepung air akibat meluapnya Sungai Kampar. Saat ini langkah penyelamatan sedang dilakukan pihak terkait dibantu tim sukarela dari berbagai instansi. Selain mengisolasi rumah, luapan air menggenangi ruas-ruas jalan penting di daerah itu.

Komandan Tagana Kabupaten Pelalawan, Ardianto kepada GoRiau.com, Rabu (21/11/2012) mengatakan, hampir seluruh kecamatan di Pelalawan saat ini sudah digenangi air karena meluapnya air Sungai Kampar. Berdasarkan data Tagana, sedikitnya 17 sekolah dengan ribuan murid terpaksa diliburkan, akses jalan juga mulai terputus dan sedikitnya 2.790 rumah terisolasi karena terkepung banjir.

Tagana saat ini melakukan evakuasi terhadap warga yang terkepung air serta membantu warga dalam penyelematan barang-barnag berharga. ''Kami terus memantau kondisi yang ada setiap saat dengan menggunakan perahu karet, dan melaporkan kondisi yang ada kepada tim,'' jelasnya.

Dijelaskan, beberapa hari ini curah hujan memang mengalami pengurangan, namun akibat sungai Kampar khususnya di hilir meluap menyebabkan Pelalawan kebanjiran. ''Ini banjir kiriman karena meluapnya sungai Kampar,'' jelasnya. (kst)