BAGANSIAPIAPI - Menjalankan rukun Islam yang kelima, dalam menunaikan ibadah Haji tidak dibatasi dengan umur. Yang terpenting harus ditopang dengan kemampuan secara fisik, materi dan keilmuan.

Pada musim Haji tahun ini, jumlah Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Rokan Hilir yang akan berangkat melalui embarkasi Batam sebanyak 223 orang. Calon jemaah haji yang tertua berumur 82 tahun bernama Muhammad Yunus asal Pasir Limau Kapas dan termuda berumur 18 tahun bernama Very Irawan berasal dari Bagan Sinembah. 

"Keseluruh calon jemaah haji sudah melakukan pemeriksaan kesehatan. Mereka akan diterbangkan melalui embarkasi Batam ke Medinah pada tanggal 29 Juli mendatang," kata perwakilan dari Kementrian Agama Rokan Hilir, H.Syaikolan kepada GoRiau.com, Jumat (20/7/2018). 

Dikatakan Syaikolan, khusus CJH yang tertua seperti Muhammad Yunus, akan mendapat pengawasan khusus dari ketua regu. Selain itu, M.Yunus juga akan didampingi saudaranya yang kebetulan juga sama menunaikan ibadah haji. 

Menurutnya, dalam menunaikan ibadah haji ke tanah suci, harus memiliki fisik yang kuat. Penting dilakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh guna mengetahui yang mana saja CJH yang terindikasi memiliki kesehatan yang kurang. 

Meski demikian, pihaknya akan melakukan pengawalan khusus terhadap jemaah haji yang tua agar mereka khusyuk dalam menjalankan ibadah nanti. ***