PEKANBARU - Saat ini, terdapat enam kabupaten dan kota yang berstatus pembangunan manusia kategori tinggi dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Riau, yaitu Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Data Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Joni Kasmuri mengatakan, enam kabupaten dan kota lainnya kini masih berstatus sebagai pembangunan manusia kategori sedang, yakni Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rokan Hulu (Rohul), Indragiri Hilir (Inhil), Indragiri Hulu (Inhu), Kuantan Singingi (Kuansing), dan Kepulauan Meranti.

"Peningkatan IPM di tingkat provinsi juga tercermin pada level kabupaten dan kota. Yang mana, selama periode 2016 hingga 2017, seluruh kabupaten dan kota mengalami peningkatan IPM," ucap Joni di Pekanbaru, Jumat (25/5/2018).

Pada periode ini, lanjutnya, tercatat ada tiga kabupaten dengan kemajuan pembangunan manusia paling cepat, yaitu KabupatenKuansing sebesar 1,27 persen, Kepulauan Meranti 1,25 persen dan Inhil 1,25 persen.

Sebaliknya, kemajuan pembangunan manusia di Kota Pekanbaru yang sebesar 0,35 persen, Bengkalis 0,40 persen, dan Inhu 0,44 persen justru tercatat paling lambat di Riau selama tahun 2016-2017.

"Kemajuan pembangunan manusia ini salah satunya didorong oleh dimensi pendidikan. Semakin berkembang pendidikannya, semakin tinggi IPM di daerah tersebut," ujarnya.

Untuk diketahui, IPM Riau saat ini berada diangka 71,79, atau meningkat sebesar 0,59 poin atau tumbuh sebesar 0,83 persen dibandingkan tahun 2016. ***