TELUKKUANTAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuantan Singingi (Kuansing) telah mengirim sampel air Sungai Tesso yang diduga tercemar limbah pabrik kelapa sawit PT Citra Riau Sarana (CRS).

"Setelah kita mendapat laporan dari warga, siangnya tim turun untuk mengambil sampel," ujar Kepala DLH Kuansing, Jafrinaldi saat dikonfirmasi GoRiau.com, Sabtu (15/4/2017) siang di Telukkuantan.

Setelah itu, lanjut dia, sampel tersebut dikirim ke laboratorium PU Provins Riau guna mengetahui zat-zat yang terkandung dalam air Sungai Tesso.

"Dari uji lab ini akan diketahui dari mana asal limbah. Kita tunggu saja hasilnya," ujar Jafrinaldi. Ia tak bisa memastikan kapan hasil uji lab tersebut keluar.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Sungai Tesso di Logas Tanah Darat berwarna hitam. Warga menyatakan, sungai tercemar karena PT CRS membuang limbahnya ke sungai tersebut.

Kendati demikian, pihak PT CRS membantah telah membuang limbah ke Sungai Tesso. Sebab, perusahaan tersebut mengaku sudah memiliki 'land aplication' dalam pengelolaan limbah.***