RENGAT - Setelah beberapa tahun Bandar Udara (Bandara) Japura yang terletak di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tidak melayani penerbangan komersial, kini pihak Bandara dibawah pimpinan Mohamad Kurniawan itu, bertekat menggeliatkan kembali rute penebangan di Bandara yang menjadi kebanggan masyarakat Inhu itu.

Setelah sebelumnya rute Japura-Jambi dan Japura-Pekanbaru gagal dijalankan, kini rute yang direncanakan yaitu, Japura-Batam dan Japura-Padang.

"Insya Allah, dalam waktu dekat ini kita akan operasikan kembali penerbangan komersial di Bandara ini. Adapun pesawat yang akan digunkan yaitu, jenis ATR 500-600 dari maskapai Wings Air," kata Kepala Bandara Japura, Mohamad Kurniawan, Senin (23/10/2017).

Dikatakan Kurniawan, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan, termasuk pengajuan ijin ke Dirjen Perhubungan. Pada prinsipnya, semua fasilitas yang ada sudah oke untuk dioperasikan.

Dengan beroperasinya Bandara Japura ini, tentunya akan sangat membantu bagi para calon penumpang untuk bepergian lebih cepat ketempat tujuan.

"Walau rute awal hanya melayani Japura-Batam dan Japura-Padang, namun ini tidak menghambat para penumpang untuk bepergian ke kota lainya, sebab tujuan tersebut dapat dicapai dengan terlebih dahulu transit di Batam maupun Padang," tutur Kurniawan.

Selain itu sambungnya, dengan dibukanya rute penerbangan di Bandara Japura ini, tentunya akan membuka kembali isolasi jalur udara yang pada masa lampau sempat berjaya dan menjadi andalan warga Inhu.

"Dulunya Bandara ini sempat jaya, dan terhenti selama bertahun. Melalui rute penerbangan ini, mari sama-sama kita geliatkan dan bangkitkan kembali Bandara Japura yang menjadi kebanggaan kita ini," tegasnya.

Masih kata Kuriawan, terkait adanya aktifitas siswa sekolah penerbangan yang selama ini menggunakan Bandara Japura untuk latihan terbang, tentunya rute penerbangan ini tidak akan saling mengganggu.

Katena ada Traffic Control yang akan mengatur jadwal penerbangan sesuai aturan yang berlaku, pungkas Kurniawan menjelaskan.

Sementara itu Camat Lirik Suhadi, menyambut baik rencana pengoperasian Bandara Japura untuk penerbangan komersial itu. Sehingga dapat melayani warga Inhu yang akan bepergian menggunakan pesawat udara, singkatnya.(Jef)