RENGAT - Setelah beberapa kabupaten kota di Provinsi Riau membentuk Satgas (Satuan Tugas) Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar), kini giliran Kabupaten Indragiri Hulu yang membentuk tim yang ditakuti itu.

Tak tanggung-tanggung, sebagai penanggung jawab satgas itu adalah unsur Forkopinda Inhu, diantaranya Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni, Kajari Inhu Supardi SH, Dandim 0302 Inhu Mujiburrahman Hadi SE dan Ketua PN Rengat Agus Akhyudi SH MH.

Sementara, sebagai pengendali tim sekaligus Ketua Pelaksana I Satgas yang dibentuk sesuai amanat presiden itu adalah Kompol Dalizon S.Ik yang juga selaku Waka Polres Inhu.

Tim tersebut juga akan dibantu dibantu Plt Sekda Inhu H Hendrizal selaku penanggung jawab II, Sekretaris Inspektorat Boyke Sitinjak penanggung jawab III dan Kasi Pidsus Kejari Inhu Agus Sukandar SH sebagai penanggung jawab IV.

"Satgas nya telah dibentuk dan tinggal menunggu pelantikan," ujar Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni menjawab wartawan, Selasa (31/1/2017).

Sesuai tupoksi, Satgas Saber Pungli ini lebih mengarah kepada pencegahan dan penindakan praktek pungli yang terjadi pada pelayanan publik. Karena hal itu bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Kendati belum dikukuhkan, namun kita sudah mulai melakukan pemantauan dan mencari informasi tentang dugaan terjadinya praktek pungli tersebut," tegas Kapolres.

Dengan demikian sambung Kapolres, pihaknya menghimbau kepada warga jika ada mengetahui atau mengalami serta menjadi korban praktek pungli, warga dapat melaporkan kepada Satgas yang ada.

Pelaporan tersebut cukup mudah, selain melaporkan langsung, warga juga bisa melaporkan melalui pesan singkat SMS melalui nomor 081.213.132. "Ini nomor pusat pelaporan, jika memenukan, silahkan langsung lapor," pungkasnya tegas.

Sementara itu, Plt Sekda Inhu H Hendrizal menyebutkan bahwa, Satgas Saber Pungli Kabupaten Inhu itu dibentuk sesuai dengan SK (Surat Keputusan) Bupati Inhu, Kpts 55/1/2017, tentang pembentukan Satgas Saber Pungli.

"Dengan dibentuknya Satgas Saber Pungli ini, tentunya akan mampu memberantas dugaan praktek Pungli yang mungkin ada terjadi di Kabupaten Inhu," jawabnya singkat.*** #Ingin Tahu Berita INHU Selengkapnya, Klik Disini