PEKANBARU - Ada-ada saja terobosan yang dibuat oleh Satuan Lalu Lintas Polres Siak, Provinsi Riau ini. Demi melindungi anak-anak dari kejahatan, petugas pun menyediakan secara cuma-cuma mobil khusus penjaga anak sekolah, yang juga bisa digunakan untuk antar jemput.

Serunya lagi, mobil ini dimodifikasi sedemikian rupa agar memiliki 'tongkrongan' nyaman dan sesuai selera anak-anak sekolah, terutama setingkat SD (Sekolah Dasar). Kenapa tidak, mulai dari warna hingga interior dalam juga di design semenarik mungkin.

Masih kurang? Satlantas Polres Siak juga mengerahkan beberapa orang Polisi Wanita (Polwan) berparas cantik buat menemani anak SD ini. Mereka juga jago bela diri, sehingga anak-anak bisa terminimalisir dari potensi kejahatan yang belakangan marak terjadi.

"Mobil Pentas yang kita sediakan ini tujuannya untuk meminimalisir anak dari kejahatan. Mereka kita tunggui di halte dan sekolah sesuai jadwal ke luar masuk jam belajar," kata Kapolres Siak, AKBP Restika P Nainggolan, melalui Kasatlantas AKP Galih Apria.

Setiap hari, kata Galih, mobil pentas ini punya rute yang padat dan berganti-ganti dari satu sekolah ke sekolah lainnya di Kabupaten Siak. Meski baru punya satu unit, keberadaan mobil itu ternyata jadi idola dan selalu ditunggu anak-anak sekolah.

Soalnya mobil itu difasilitasi berbagai buku bacaan. Jika haus, anak-anak juga bisa minum air mineral sepuasnya. "Di sini mayoritas orangtua adalah petani, rumah mereka jauh di dalam (kebun, red). Mungkin mereka sedang repot sehingga terlambat jemput anaknya di sekolah," lanjutnya.

Jadi sembari menunggu orangtua datang, para pelajar SD dapat memanfaatkan berbagai fasilitas di dalam mobil pentas, bahkan juga bisa beristirahat. Tapi hati-hati, para bapak-bapak yang menjemput anaknya jangan sampai gagal fokus, lantaran lihat Polwan cantik ini. ***