TEMBILAHAN, GORIAU.COM - 567 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sepertinya patut berlega hati, pasalnya tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos untuk menuju ke embarkasi Batam. Karena seluruh biaya lokal JCH tahun ini, ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab Inhil).

Keputusan menggratiskan biaya lokal JCH ini sendiri adalah keinginan Bupati Inhil, HM Wardan. Dimana selain menggratiskan, mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau itu pun mengalihkan transportasi menuju embarkasi Batam yang biasanya menggunakan Pesawat kini kembali menggunakan Kapal Laut.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Inhil, Tantawi Jauhari mengatakan anggaran transportasi jamaah dari Tembilahan menuju Batam maupun sebaliknya, dengan index per orang Rp 1.121 ribu, namun realisasinya dikatakan dia tergantung penawaran kontraktor dan nilai kontrak yang diputuskan dan ditanda tangani.

''Biaya lokal yang ditanggung Pemkab adalah transportasi dari Tembilahan ke Batam Pulang Pergi (PP),'' kata Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ini kepada GoRiau.com, Kamis (21/8/2014).

Jika dibandingkan tahun 2013 lalu, biaya lokal yang harus dikeluarkan JCH adalah Rp 3. 916 ribu, dengan disubsidi oleh Pemkab sebesar Rp 1 juta.

''Tahun ini kebijakan Pemkab dibawah pimpinan Pak Bupati menggratiskan biaya lokal, dengan kata lain jamaah tidak mengeluarkan biaya lokal,'' kata dia lagi.(ayu)