DUMAI, GORIAU.COM - Komandan Pangkalan Angkatakan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Budi Siswanto, Rabu (15/04), melakukan silturahmi dengan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Dumai yang bertempat di Gedung LAMR, Jalan Putri Tujuh Dumai.

Sesampainya di Gedung LAMR Dumai tersebut, Danlanal Dumai langsung disambut oleh Ketua Umum Harian LAMR Dumai Datuk Darwis Ismail dan jajaran pengurus lainnya.

Kunjungan Danlanal Dumai itu, ternyata dalam rangka menjalin kemitraan kerja dengan pemangku adat di Kota Dumai. Pertemuan Danlanal dengan segenap pengurus LAMR Dumai itu berlangsung dengan hangat. Kedua belah pihak saling bercerita, terkait keterbukaan masyarakat Melayu terhadap semua pendatang.

''Orang Melayu ini terbuka kepada siapapun yang akan datang. Oleh karena itu, rumah adat Melayu ini pintunya selalu terbuka. Karena, orang Melayu meyakini orang yang datang ke daerah lain pasti tahu diri, saling menghargai dan berniat baik. Maka, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,'' kata Datuk Darwis kepada Danlanal, membuka silaturahmi.

Mendapat sambutan yang hangat dari Pengurus LAMR Dumai, Kolonel Laut (P) Budi Siswanto pun mengatakan, masyarakat adat sangat diakui dunia. Hal itu sudah termuat di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

''Budaya Melayu memang sangat terbuka, terkenal santun dan damai. Inilah keragamanan budaya bangsa yang harus kita junjung tinggi,'' tegasnya.

Usai berdialog dan bersilaturahmi dengan Pengurus LAMR Dumai, saat ditanya awak media terkait keamanan perairan di Kota Dumai, Kolonel Laut (P) menyampaikan, bahwa garis pantai dan perairan di wilayah kerjanya sanagat luas, namun untuk Personil TNI Angkatan Laut nya masih sedikit.

''Karena, jumlah personil kita terbatas, makanya kita menjalin kemitraan dengan LAMR Dumai dan seluruh masyarakat Dumai. Dengan harapan, masyarakat bisa memberikan informasi kepada kita, jika di wilayah kerja kita (Perairan Dumai) ada ditemukan hal - hal yang mencurigakan serta dapat mengganggu keamanan di wilayah NKRI ini,” sebutnya, Rabu (16/4/2014).

Untuk itu, kata Danlanal, masyarakat jangan segan dan sungkan untuk menyampaikan informasi yang didapat kepada pihaknya, dengan mendatangi langsung pos - pos Pangkalan Angkatan Laut Dumai, baik yang ada di darat maupun di laut. ''Silahkan hubungi kami, bila mana ada hal - hal yang mencurigakan yang ditemui masyarakat Dumai,'' tegasnya.

Dan sejauh pemantauannya yang telah menjabat selama 4 Bulan sebagai Komandan Lanal Dumai sejak sertijab pada akhir Desember 2013 lalu, kata Kolonel Laut (P) Budi Siswanto, Alhamdulillah Dumai selalu Kondusif.

Menurutnya, kondusifnya Dumai, karena didukung oleh masyarakatnya dengan jumlah suku yang banyak dan bergamam, namun tetap Harmonis. ''Kita tau di Dumai ini banyak macam suku masyarakatnya, namun, itu sangat Harmonis. Sehingga Dumai masih dalam keadaan Kondusif. Dan Resistensi terhadap banyak suku di Dumai, tidak begitu terlihat,'' kata Danlanal.

Terakhir, Kolonel Laut (P) Budi Siswanto mengharapkan kepada seluruh unsur Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) agar dapat bekerjasama dengan Lanal Dumai demi bersama menjaga keamanan di kota Dumai dan kesatuan NKRI ini. Begitu juga dengan seluruh masyarakat, yang diharapkan mampu mempertahankan Kondusif nya suatu daerah.

Dan terkait buku yang diberikan oleh pengurus LMAR Dumai kepada dirinya, Danlanal Dumai sangat mengucapkan terima kasih. ''Terima kasih kepada LAMR Dumai yang telah menerima silaturahmi kami dan memberikan buku kepada saya. Dan buku ini tentunya akan menjadi bacaan bagi saya, agar saya bisa mengenal lebih jauh tentang masyarakat melayu, budaya melayu dan adat istiadat melayu yang harus kita hormati, tanpa ada membaca dan bersilaturahmi bagaimana kita mau tau dengan daerah tugas kita,'' ungkapnya.

Selain mengunjungi LAMR Dumai, Komandan Lanal Dumai ini, juga berencana akan mengunjungi semua lembaga adat yang ada di kota Dumai. Hal ini dilakukan agar lebih mengenal adat istiadat yang ada yang harus dihormati dan dijunjung tinggi.

Sementara, Ketua Harian LAMR Dumai Datuk Darwis Ismail, terlebih dulu mengucapkan terima kasih kepada Danlanal Dumai yang telah menyempatkan waktunya untuk mengunjungi dan bersilaturahmi dengan Pengurus LAMR Dumai.

''Terima kasih atas kesempatan waktu Danlanal Dumai untuk bersilaturahmi dan mengunjungi LAMR Dumai. Untuk di ketahui saat ini Dumai sudah ada 17 suku. Dan Alahmadulillah sampai saat ini keadaan masih tetap Kondusif dan Harmonis,” ujarnya.

Kekondusifan dan Keharmonisan suatu daerah, tegas Darwis, tentunya semua itu berkat dukungan dari seluruh masyarakat Dumai, terutama para pemuka Agama, Adat dan Suku yang ada di kota Pengantin Berseri ini.

''Apapun organisasi suku di Dumai, payungnya tetap LAMR,” katanya, seraya berharap kepada seluruh masyarakat Dumai, mari bersama dan bekerjasama dalam mengisi pembangunan di kota ini serta bantu Kerja Lanal Dumai, minimal memberikan informasi terkait masuknya sumber – sumber yang tak jelas, yang tidak menutup kemungkinan berasal dari negara Tetangga.

Pantauan dilapangan, usai mengunjungi dan bersilaturahmi dengan Pengurus LAMR Dumai, Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Budi Siswanto bersama Ketua Harian LAMR Dumai Datuk Darwis bersama jajaran menyempatkan diri untuk foto bersama di Gedung LAMR, Jalan Putri Tujuh Dumai. (dcp)