BENGKALIS, GORIAU.COM - Seluruh Jamaah Haji (JH) Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 02 Debarkasi Hang Nadim Batam yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah Rabu (26/8/2015) lalu, Minggu (4/10/2015) siang ini akan kembali ke tanah air.

Tentunya, JH dimaksud tidak termasuk almarhum Ahmad AZ bin Abdul Azis (62) asal Desa Muntai, Kecamatan Bantan yang meninggal dunia dalam perjalanan ke Mekkah dari Madinah pada Jumat (29/8/2015).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis H Eri Kusuma Pribadi mengatakan, hingga Sabtu malam waktu Indonesia, tidak diperoleh informasi bahwa ada JH Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 02 Debarkasi Hang Nadim Batam yang bakal tertunda kepulangannya.

''Alhamdulillah, berdasarkan informasi terakhir yang kita terima hingga sekitar pukul 22.00 WIB Sabtu (3/10/2015), tidak ada seorang pun JH kita yang tergabung dalam Kloter 02 Debarkasi Hang Nadim Batam yang tertunda kepulangannya ke tanah air. Misalnya karena dirawat di rumah sakit atau karena faktor lainnya,'' ujar Eri Kusuma, MInggu pagi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya JH Kabupaten Bengkalis yang tergabung Kloter 02 Dekarkasi Hang Nadim Batam yang berasal dari Kecamatan Bengkalis (114 orang), Bantan (43), Bukit Batu (37), Siak Kecil (8), Rupat (8) dan Rupat Utara (1) ini, akan tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, siang ini sekitar pukul 12.30 WIB dan akan dijemput secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie.

''Mengacu kepada jadwal kepulangan JH Kloter 01 Debarkasi Hang Nadim Batam yang tiba lebih awal yang tepat waktu, kepulangan JH Kloter 02 juga diperkirakan bakal on time. Tidak ada penundaan. Sesuai informasi yang kita terima, pesawat yang membawa JH Kloter 01 mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sesuai jadwal, pukul 12.30 WIB,'' jelas Eri Kusuma.

Dipaparkan Eri Kusuma, jika tidak ada penundaan, JH Kabupaten Bengkalis Kloter 02 yang tergabung bersama JH asal Kabupaten Rokan Hulu ini meninggalkan maktab pukul 15.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

''Meskipun demikian, karena ketentuan mereka sudah harus berada di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Mekkah, Arab Saudi sekitar lima jam sebelum take off (keberangkatan), para JH tersebut baru bertolak kembali ke tanah air sekitar pukul 20.30 WAS,'' imbuh Eri Kusuma.

Di bagian lain Eri Kusuma mengatakan, 2 JH Kabupaten Bengkalis asal Kecamatan Bengkalis yang tertunda keberangkatannya yaitu pasangan suami istri atas nama H Saharisir dan Hj Azizah dipastikan tidak bias pulang bersama JH Kloter 02. Keduanya tetap akan pulang bersama JH Kloter 06 bersama JH Kabupaten Indragiri Hilir sebagaimana saat keberangkatan.

''Sesuai jadwal JH Kloter 06 ini akan tiba di Batam pada Rabu (7/10/2015) mendatang dengan jam kedatangan yang sama pukul 12.30 WIB. Karena itu, dari 116 JH asal Kecamatan Bengkalis, yang pulang ke tanah air Minggu siang ini hanya 114 orang,'' ujar Eri Kusuma.

Eri Kusuma menambahkan, meskipun diperkirakan pesawat Saudi ArabianAirlines yang membawa JH Kloter 02 Debarkasi Hang Nadim mendarat sekitar pukul 12.30 WIB, namun karena ada proses administrasi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang harus diikuti, maka diperkirakan para JH tersebut tiba di asrama haji Batam sekitar satu setengah atau dua jam kemudian.

Mantan Camat Bantan ini juga mengatakan, saat ini Pj Bupati Bengkalis bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra sudah berada di Batam sejak Sabtu petang. Keduanya secara resmi akan menjemput JH Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 02 Debarkasi Hang Nadim Batam ini di Asrama Haji Batam. ail