PEKANBARU, GORIAU.COM - Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun menyetujui penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun ini.

Formasi 168 orang dengan 28 untuk tamatan SMA sudah disetujui Gubri. Sementara sebelumnya, sempat dikabarkan Pemprov Riau tidak akan membuka perekrutan CPNS tahun ini dengan beberapa alasan, salah satunya karena sempat keinginan Gubri untuk menerima lulusan SMA tidak diakomodir.

"Kita sudah laporkan tentang formasi CPNS Pemprov Riau yang disetujui KemenPAN-RB, dan Pak Gubernur setuju," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, M Guntur, Senin (1/9/2014).

Sementara mengenai sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diterapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tidak bisa dihindarkan.

Meski sebelumnya, Gubri Annas Maamun menginginkan sistem ujian tetap menggunakan cara pada tahun-tahun sebelumnya, yakni dengan Lembar Jawaban Komputerisasi (LJK), namun tidak bisa diakomodir pihak KemenPAN-RB.

BKD Riau telah melakukan rapat koordinasi dengan kabupaten dan kota pada siang tadi. Dimana rencananya penerimaan CPNS di Provinsi Riau akan dilakukan dengan sistem dan aturan yang sama.

Mulai dari waktu penerimaan hingga syarat perekrutan CPNS itu sendiri. Rencananya pekan depan, BKD Riau kembali menggelar rapat untuk memantapkan waktu penerimaan CPNS.***