PEKANBARU, GORIAU.COM - PT Ganda Hera, anak perusahaan dari group PT Samsung akhirnya memenuhi tuntutan Pemuda Ukui 2 dan Aliansi Pemuda Pelalawan (APPEL). Hampir 90 persen dari tuntutan dapat dipenuhi dan diharapkan bisa berjalan secepatnya.

Ketua Umum Aliansi Pemuda Pelalawan (APPEL), Ahmad Dhani S.Pd kepada GoRiau.com, Selasa (22/10/2013) mengatakan, putusan itu diambil setelah melalui rapat yang alot di Kantor Camat Ukui, Pelalawan, Senin (21/10/2013).

Dijelaskan, rapat diselenggarakan menindaklanjuti aksi pemblokiran pada tanggal 30 September - 1 Oktober lalu dimana ada surat pernyataan dari perusahaan akan menghadirkan top manajemen pada tanggal 21 Oktober untuk menjawab semua tuntutan pemuda.

Rapat dilaksanakan di ruang rapat kantor Camat Ukui yang difasilitasi oleh Camat Ukui Edwardo dan Kapolsek Ukui serta petinggi PT GH. Sebenarnya pertemuan direncanakan digelar di kantor PT GH sesuai surat kesepakan yang dibuat perusahaan namun dialihkan ke kantor Camat karena ada petinggi PT GH dan Samsung dari Korea berkunjung ke PT GH.

Rapat dibuka langsung oleh Camat Uukui jam 14.00 dan berjalan alot karena terjadi tawar menawar dari perusahaan kepada pemuda namun pmuda tetap bersikeras pada konsep tuntutan awal dan kalau tidak dipenuhi sesuai surat kesepakan di atas materai yang buat perusahaan pada tanggal 1 Oktober yang isinya apabila pertemuan pada tanggal 21 tidak menemui kesepakatan maka perusahaan dengan sendirinya akan menutup aktivitas pabrik dan produksi CPO-nya sendiri.

Namun menjelang sore, tuntutan belum terpenuhi karena pihak perusahaan masih berkilah dengan berbagai alasan, namun pertemuan tetap berlanjut sampai malam.

Dan pada rapat malam hari, akhirnya perusahaan memenuhi 90 persen dari tuntutan pemuda dan Aliansi Pemuda Pelalawan (APPEL).

Berikut hasil kesepakatan antara PT GH dengan Pemuda Ukui 2 dan Aliansi Pemuda Pelalawan (APPEL):

1. Perusahaan akan menjamin 15 orang tenaga kerja lokal akan masuk pada bulan Januari 2014 dan terus berlanjut.

2. Perusahaan merealisasikan program CSR kepada pemuda dan masyarakat Ukui 2 dengan program jangka panjang baik itu kegiatan pemuda, rehap lapangan bola kaki maupun kegiatan keagamaan di Ukui.

3. Perusahaan akan mengakomodir dan berkomunikasi dengan pihak Desa Ukui 2 untuk realisasi CSR ke depannya.

Kesepakatan ditandatangani oleh pihak perusahaan, Camat Ukui, Kapolsek Ukui, Pemuda Ukui dan Ketua Umum Appel Ahmad Dhani S.Pd yang juga mantan Sekjend Hipmawan 2010-2011 asal Pangkalan Lesung.

Pada kesempatan itu, Pemuda Ukui sangat berterimah kasih kepada pengurus Aliansi Pemuda Pelalawan dan juga Camat dan Kapolsek. (rls)