PANGKALAN KERINCI, GORIAU - Sebanyak 262 hewan qurban kembali disumbangkan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kepada masyarakat di kesempatan Hari Raya Idul Adha 1435H tahun 2014. Hewan qurban tersebut terdiri dari 29 ekor sapi dan 233 ekor kambing yang secara simbolis diserahterimakan kepada perwakilan masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan, Kamis (2/10) di BPPUT, Townsite 2 (TS2), Pangkalan Kerinci.

Mewakili Manajemen RAPP, H. Mabrur AR mengatakan penyerahan hewan kurban ini rutin dilakukan RAPP setiap tahunnya dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha, pada tahun ini 1435 H, sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat.

''Tidak ada yang membedakan penerimaan hewan kurban baik yang mendapat sapi atau kambing, namun program ini rutin kita laksanakan setiap tahunnya kepada masyarakat, terutama yang berada di sekitar wilayah operasional. kami berharap masyarakat juga ikut mendoakan perusahaan agar bisa menjalankan operasionalnya sebaik mungkin sesuai dengan aturan yang berlaku,'' ucap Mabrur pada saat acara serah terima hewan kurban dari RAPP ke desa-desa yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Untuk di Pelalawan saja, bantuan hewan kurban ini didistribusikan kepada 41 desa di 6 Kecamatan. Kemudian, selain di Pelalawan, RAPP juga menyerahkan bantuan hewan kurban kepada masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti, Siak, Kampar dan Kuantan Singingi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, H. Indra Mansyur, SH sangat menyambut baik program bantuan hewan kurban yang dilaksanakan RAPP. Ia berharap kegiatan tersebut mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan tersalurkan bagi pihak-pihak yang berhak menerimanya.

''Kita sangat menyambut baik kegiatan dari RAPP ini yang dilakukan setiap tahunnya, bahkan sejak berdirinya RAPP. Saya berpesan agar hewan kurban ini benar-benar dapat disampaikan kepada pihak yang berhak dan janganlah dilihat dari jumlah daging yang diterima namun bagaimana kita bisa mengambil sisi ibadah kurban tersebut sehingga bisa dinikmati bersama masyarakat,'' ujarnya.

Kepala Desa Sering, H. M. Yunus K yang ditemui usai kegiatan tersebut mengaku sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan perusahaan. Menurutnya, bantuan ini dapat meringankan dan membantu masyarakat terutama yang masih dalam kekurangan.

''Ini sangat menbantu dan bermanfaat bagi masyarakat kami. Selama ini memang RAPP sudah cukup lumayan menjalankan program CD (Community Development.red) nya. Salah satunya juga ada program pertanian, di mana masyarakat diberi pelatihan untuk pertanian holtikultura di demplot-demplot yang ada. Ini ternyata bisa menjadi nilai tambah bagi pemasukan keluarga,” ujar H. M. Yunus.

Hal senada juga diungkapkan Hj. Samsimar (58), warga Desa Sering dan H. Mukhtar (60) warga Desa Simpang Kualo, yang berbesar hati dalam menyambut hari raya Idul Adha tahun ini. Ia berharap dengan adanya bantuan ini, masyarakat dapat terbantu dan perusahaan dapat berjalan semakin baik sehingga dengan seiring meningkatnya jumlah penduduk, bantuan pun dapat menyesuaikan.

Sementara itu, dari karyawan sendiri, Community Religious Affair (CRA) RAPP, H. Ishak mengatakan dari data yang dihimpun oleh Ikatan Muslim Riau Andalan (IMRA), peserta qurban yang tercatat mencapai 483 orang dengan jumlah hewan kurban sebanyak 75 ekor yang terdiri dari 55 ekor sapi, 13 kerbau dan 7 ekor kambing. Penyembelihan hewan qurban ini akan dilaksanakan di empat lokasi, yakni Masjid Al Muhajirin BLI, Masjid Nurul Mubarok TS2 dan Masjid Amubarok TS2 pada hari minggu (05/10) setelah shalat Idul Adha. Daging-daging tersebut nantinya akan didistribusikan ke seluruh desa-desa yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan. (rls)