SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Wajah Sukma Sundari (17), pelajar kelas X SMA Minas terlihat berseri-seri. Senyumnya begitu sumbringah, saat ditanya pengalaman mengikuti kegiatan Bupati Siak sehari penuh. Gadis berkerudung yang bercita-cita ingin jadi dosen biologi itu tampak bersemangat menceritakan satu persatu kisah nyata yang menurutnya terasa bagaikan mimpi itu.

"Rasanya seperti mimpi bang, saya diberi kesempatan mengikuti rutinitas orang nomor satu di Siak ini sehari penuh. Bayangkan, dari ribuan pelajar yang ada di Kecamatan Minas, saya sendiri yang terpilih," kata Sundari, Rabu (19/8/2015).

Menurut Sundari, Syamsuar merupakan sosok pemimpin yang ramah, pekerja keras dan taat beribadah. Selain rajin bekerja, kata Sundari, Bupati Siak ini juga peduli dengan masyarakat, khususnya terkait masalah pendidikan dan kesehatan.

"Saya sangat senang bisa merasakan makan bersama, shalat bersama dengan Bapak Bupati. Ini pengalaman yang tak bisa saya lupakan sampai kapan pun," jelasnya.

Sundari merupakan satu dari 14 anak yang tergabung dalam Forum Anak Kabupaten Siak yang berasal dari Minas. Sebanyak 14 anak dari 14 kecamatan di Siak ditambah satu mentor dari pengurus Forum Anak Kabupaten Siak mengikuti aktifitas Bupati sehari penuh, mulai Selasa sampai Rabu (19/8/2015), mereka menginap di kediaman Bupati, Jalan Raja Kicik, Siak Sri Indrapura, didampingi Kepala BP3AKB Siak H Arfan Usman.

Selama berada di kediaman Bupati, Syamsuar juga terlihat senang menjalankan aktifitas dengan anak-anak. Usai sarapan pagi, sebelum berangkat ke kantor, Syamsuar menceritakan riwayat hidupnya di hadapan anak-anak. Syamsuar mengaku, rutinitas yang terkadang menjenukan dan melelahkan terpaksa diabaikannya, karena beban moral yang harus ditanggungnya sebagai Bupati Siak. Semua itu ia jalankan dengan ikhlas untuk membangun dan memajukan Negeri Istana ini.

Diakui Syamsuar, kendati tidak sedikit cobaan dan halangan, namun berkat usaha serta doa, ia terus mengajak staf dan masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi menjalankan roda pembangunan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Siak yang cemerlang, gemilang dan terbilang.

 "Saya juga berasal dari keluarga yang susah. Dulu, tak terpikir sedikit pun untuk menjadi seorang pemimpin. Namun, berkat usaha dan doa serta ridho Allah, semua membuahkan hasil. Adik-adik harus begitu juga, harus rajin sekolah, jangan lupa salat dan berdoa kepada Allah," pesan Syamsuar.

 Sementara, Kepala BP3AKB Siak, Arfan Usman mengatakan, kegiatan ini merupakan keinginan Bupati Syamsuar. "Beliau terinspirasi saat menghadiri penerimaan penghargaan kota layak anak tahun 2013 lalu. Pada saat itu Presiden SBY menceritakan pengalamannya bersama anak-anak yang mengikuti kegiatan rutinnya selama satu hari," kata Arfan.

 "Dari kemaren, tanggal 18 Agustus 2015, anak-anak menginap di kediaman Bupati, mereka dapat langsung melihat aktifitas Kepala Daerah mulai dari bangun tidur, salat subuh dan persiapan menuju ke kantor. Anak-anak tersebut terdiri dari utusan 14 kecamatan," jelasnya.

Pada pelaksanaan puncak hari anak tanggal 20 Agustus besok, lanjut Arfan, panitia akan mendatangkan artis kembar Riski dan Ridho yang ikut audisi acara mencari bakat di salah satu stasiun televisi Nasional."Puncak acaranya besok di pentas Siak Bermadah, dari pukul 9 pagi hingga siang," pungkas Arfan.(nal/rls)