SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kendati Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kabupaten Siak mulai melaksanakan proses perkulihan tahun 2014 ini, namun mahasiswa yang menamatkan pendidikan di perguruan tinggi itu sudah dijamin bekerja di PT Indah Kiat Pulp and Paper (PT IKPP) di Perawang, Kecamatan Tualang, Siak.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Siak, Kadri Yafiz kepada GoRiau.com, Kamis (11/12/14).

"Untuk tahun pertama ini tercatat 142 mahasiswa yang tersebar di dua jurusan, yakni Teknik Kimia dan Teknik Mesin pada Diploma 1 (D1) dan Diploma 2 (D2). Kita sudah kerjasama dengan PT IKPP, perusahaan bubur kertas ini sudah menjamin tamatan AKN Siak bisa kerja di sana, setelah selesai kuliah," jelas Kadri.

Agar AKN Siak ini cepat berkembang, lanjut Kadri, pihaknya berencana akan meningkatkan status menjadi perguruan tinggi negeri. Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya sudah bekerjasama dengan Politeknik Sriwijaya Palembang untuk memenuhi segala persyaratan menjadi negeri tersebut.

"Saat ini kita sedang membicarakan hal itu dengan tim dari Politeknik Sriwijaya agar AKN Siak segera menjadi perguruan tinggi negeri. Upaya yang dilakukan seperti membuat statuta dan persiapan AD/ART. Tahun ini saja kita dibantu pusat Rp1,7 miliar. Kalau nantinya AKN Siak sudah negeri, kan makin cepat pula berkembangnya, sebab langsung di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan Kebudayaan," pungkasnya.(nal)