SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Hingga Maret 2015, capaian angka melek huruf untuk pendidikan Sekolah Dasar (SD) baru 93,62 persen. Pemerintah Kabupaten Siak menargetkan hingga akhir tahun 2015 ini, capaian melek huruf itu bisa 100 persen.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi, dalam arahannya saat membuka Forum SKPD Kabupaten Siak, Rabu (11/3/15).

Dikatakannya, angka itu belum sesuai sesuai dengan target Milenium Development Goals (MDGs) Nasional, dimana harus mencapai 100 persen.

"Masalah ini supaya menjadi perhatian serius Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bagaimana caranya harus mencapai 100 persen akhir tahun ini," ujar Alfedri.

Dirincikan Alfedri, adapun angka partisipasi jejang pendidikan di Kabupaten Siak, untuk SD 93,2 persen, SMP atau MTS 82,51 persen, dan SMA 66,23 persen.

Dia menegaskan, pendidikan adalah hak dasar setiap warga negara yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Siak telah menyiapkan program pendidikan gratis selama 12 tahun.

"Dengan sisa waktu yang ada, kami ingin semua program tercapai sesuai target sampai pada akhir tahun 2015. Maka diperlukan upaya dari Dinas Pendidikan untuk percepatan dalam mencapai seluruh tujuan, target dan indikator MDGs tersebut," tandasnya.(nal)