BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Bupati Rokan Hilir, Suyatno, A,MP memberikan apresiasi kepada pemenang pertama kontes batu akik untuk kelas JD pada kontes batu akik Indonesia Games Stone (IGS) dalam memperebutkan piala presiden Jokowi di Balai Kartini Jakarta Selatan. Dengan meraih trofi itu, bisa dikatakan, batu akik dari Kabupaten Rokan Hilir sangat diperhitungkan.

''Kita sudah mendapatkan laporan bahwa ada putra Rohil meraih juara satu kontes batu akik trofi presiden jokowi. Ini merupakan penghargaan yang luar biasa dan perlu mendapat perhatian khusus pemerintah terhadap sumber daya alam khususnya batu mulia di Rohil,'' kata Suyatno kepada GoRiau.com di ruang kerjanya, Selasa (30/6/2015) didampingi Plt Sekda Rohil, Drs Surya Arpan,M.Si dan Ketua Bappeda Rohil, M. Job Kurniawan.

Masih dikatakan Suyatno, yang lebih menggembirakan lagi, batu akik pemenang kontes itu berasal dari Pujud, Rohil. Selain daerah itu, Rohil juga masih punya sumber batu akik tidak kalah indahnya diantaranya yang ada di Pulau Jemur dan Bagan Batu.

''Kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena sumber daya alam dengan terdapatnya batu mulia dibeberapa tempat diharapkan akan menambah sumber asli penerimaan daerah. Artinya, kedepan, pemerintah akan menjaga daerah penghasil batu mulia agar tidak sembarang dijarah pemburu batu akik,'' ujarnya.

''Pokoknya pemerintah akan mendukung kegiatan kontes ini. Tidak hanya skala nasional, jika perlu kita ikut kontes dikancah internasional,'' cetus Suyatno.

Sebelumnya, batu akik milik Iwan asal Rohil berhasil mengalahkan peserta batu akik yang pernah meraih juara umum, Ir, Hengky Joyo Purnomo pada kejuaraan yang sama. Dalam kontes itu, Batu akik dari Rohil terbukti dan sukses menyaingi batu batu akik kelas dunia dan yang terbaik dari berbagai daerah di Indonesia.

Adapun peserta yang bertarung dikelas JD ini lebih kurang 40 kontestan. Malahan, dewan juri sempat bingung ketika memutuskan siapa yang lebih unggul dan pantas menjadi juara I, karena semua kontestan batu akik pernah menjadi juara pada musim seri tahun 2014-2015. (amr)