BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM – Persiapan acara bakar tongkang sudah rampung. Semua hasil rapat lintas sektoral kemarin, sudah sesuai dengan rencana. Kini pemerintah kabupaten Rokan Hilir hanya tinggal menunggu tamu yang datang untuk melihat perhelatan akbar ritual acara even bakar tongkang tahun 2015 di Bagansiapiapi, Rokan Hilir.

''Semua panitia sudah konsentrasi dengan tugasnya. Acara tinggal menghitung hari. Kita saksikan sudah ramai tamu yang datang ke Bagansiapiapi. Masyarakat menyesaki kota ini baik siang maupun malam," kata Bupati Rokan Hilir, Suyatno,A,MP kepada GoRiau.com di ruang kerjanya, Selasa (30/6/2015).

Dikatakan Suyatno, tamu yang menyatakan akan hadir dalam acara even bakar tongkang ini baik dari provinsi maupun pusat diantaranya Plt Gubri, Kapolda Riau, Danrem serta rombongan deputi kementrian pariwisata, staf ahli menteri pariwisata dan deputi kementrian dari maritim.

''Tidak kalah penting, juga hadir Bapak Komisaris Jendral Saud Usman yang merupakan salah seorang kepala Badan Terorisme Indonesia,'' kata Suyatno.

Secara terpisah, Kadis Pariwisata Drs Zulkarnain menyebutkan, jelang acara bakar tongkang pada tanggal 2 Juli, 19 hotel dan wisma yang menyediakan 673 kamar, sudah terisi penuh. Sebagian tamu ada juga menginap dirumah sanak keluarga.

Zulkarnain mengatakan, masyarakat disuguhkan hiburan musik secara live dari artis Taiwan dan Hongkong. Pemerintah Rokan Hilir juga menyediakan stand bazaar dari berbagai ragam jenis dagangan dengan harga terjangkau.

Sementara itu, Ah Tong mengungkapkan, ritual bakar tongkang yang digelar setiap tanggal 15-16 bulan ke 5 tahun Imlek yang tahun ini bertepatan pertengahan bulan Juni 2015 khususnya untuk yang beragama kong hu chu. Bagi warga Bagansiapiapi, ritual Bakar Tongkang jauh lebih sakral dibandingkan dengan perayaan Imlek maupun Cap Go Meh. Sebabnya hampir seluruh warga Tiongkok kelahiran Bagansiapiapi "mudik" dari seluruh daerah baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Australia, dan Taiwan. (amr)