PEKANBARU, GORIAU.COM - Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih berlangsungg hingga 8 November 2014 mendatang. Saat ini tes tersebut bisa dikatakan masih dalam rentetan ujian yang dilalui para peserta.

Karena setelah TKD tersebut, peserta yang dinyatakan lulus akan beralih ke ujian selanjutnya, yakni Tes Kemampuan Bidang (TKB). Dimana tes tersebut memang dibenarkan oleh aturan Kemenpan-RB.

Karena beberapa formasi membutuhkan informasi tambahan melalui wawancara atau tes pesikologi, guna mengetahui kualitas pelamar sesuai formasi yang dibutuhkan.

Ada lima tahapan dalam tes bidang tersebut. Diantaranya Tes Psikologi Lanjutan, Tes Kemampuan Akademik, Tes TOEFL, Tes Performance dan Tes Wawancara Bidang.

Namun Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau berencana menggunakan 'jasa' pihak ketiga untuk Tes Kemampuan Bidang tersebut. Dimana bekerjasama dengan universitas dan lembaga terakreditasi lainnya.

"Akan kita usulkan dulu, itu kalau disetujui," kata Kepala BKD Riau, M Guntur.

BKD Riau sudah menyurati Kemenpan terkait usulan menggunakan pihak ketiga dalam tes bidang CPNS itu. Tes ini juga akan disesuaikan dengan anggaran yang disiapkan oleh BKD Riau.***