PEKANBARU, GORIAU.COM - Meski perekrutan CPNS untuk lulusan SMA disetujui, ternyata ada satu usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang tidak bisa diakomodir Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Dimana usulan untuk melaksanakan tes manual seperti tahun-tahun sebelumnya tidak disetujui. Karena kebijakan menggunakan ujian dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) sudah diberlakukan hampir untuk seluruh wilayah di Indonesia.

"Usulan untuk merekrut CPNS tamatan SMA diakomodir, tetapi untuk melaksanakan tes menggunakan sistem manual tidak bisa disetujui," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, M Guntur.

Disebutkannya, kebijakan tersebut sudah tidak bisa diubah. Karena Provinsi Riau juga termasuk dalam kategori daerah yang maju, berbeda dengan beberapa wilayah di bagian timur yang memang terbelakang dalam penggunakan sistem komputer.

Keputusan tersebut juga akan dilaporkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), dalam hal ini Gubernur Riau (Gubri), H Annas Mamaun, sekaligus melaporkan 29 orang kuota CPNS Riau yang disetujui.

"Tetap akan kita laporkan, semua kebijakan dan keputusan pelaksanaan ada di tangan Pak Gubernur," ujar mantan Kepala Biro Tata Pemerintah Setdaprov Riau ini.

Berdasarkan pengumuman formasi di website panselnas.menpan.go.id usulan formasi untuk tingkat SMA/SMK di Riau jumlahnya mencapai 29 orang. Sebanyak 23 orang untuk tamatan SMA dan enam orang untuk tamatan SMK jurusan mesin.

Adapun dituliskan di website panselnas tersebut berkaitan formasi Pengadministrasi Umum diperlukan 4 orang. Sebanyak dua orang untuk di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan dua orang di Sekretariat Daerah (Setda).

Kemudian formasi untuk Satuan Polisi Pamong Praja Pelaksana Pemula sebanyak delapan orang. Kemudian untuk formasi Pranata Komputer Pelaksana Pemula 11 orang yang diperlukan untuk lima orang di Setda, dua dinas Pekerjaan Umum dan empat di Dinas Pariwisata.

Selanjutnya formasi Penguji Kendaraan Bermotor Pelaksana Pemula khusus untuk tamatan SMK/Mesin sebanyak enam orang. Ini diperlukan untuk empat orang di Dispenda dan dua Dishub.***