JAKARTA- Perenang putri Indonesia, Sofie Kemala dan Azzahra Permatahani mengaku puas dengan penampilan perdana pada Kejuaraan Renang Antar Pelajar Asia (Asian School Swimming Championships-ASSC) di Aquatic Sport Centre Jakabaring, Palembang, Kamis (26/5/2016). 

Kedua perenang ini sama-sama mengantongi satu medali emas dari nomor eatafet 4X200M putri dan satu perak.

Ya, Sofie Kemala memang pantas puas. Sebab, dia mampu memecahkan rekor nasional (Rekornas) nomor 50 M Gaya Kupu-kupu dengan mencatat waktu 28,06 detik. Rekornas sebelumnya dipegang Serlonita dengan waktu 28,27 detik.

Medali emas nomor ini diraih perenang Hongkong, Wong Yuk Yan dengan waktu 27,65 detik dan Dewi Adinda L juga dari Indonesia meraih perunggu dengan waktu 28,27 detik

"Saya hanya mampu meraih perak dan tidak bisa mempersembahkan medali emas karana catatan waku lawan lebih bagus. Tetapi, saya puas bisa memecahkan rekornas," katanya.

Perasaan yang sama juga dilontarkan perenang Program Indonesia Emas (Prim), asal Provinsi Riau, Azzahra Permatahani yang meraih perak nomor 200M Gaya Dada Putri dengan mencatat waktu 2:38,41 detik.

Medali emas direbut Nawapas Pisanuwong (Thailand) dengan waktu 2:37,32 detik dan Sun Kristen (Hongkong). "Saya puas meraih perak karena catatan waktu saya semakin tajam. Saat latihan, saya hanya mampu mencatat waktu 2 menit 41 detik," kata perenang asal Riau ini. (NST)