PEKANBARU, GORIAU.COM - Buruknya kondisi jalan lintas provinsi mulai dari Minas hingga kota Kandis menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tak hanya itu, jalan berlobang dan bergelombang juga jadi faktor utama kendala teknis. Salahsatunya yang dialami rombongan Kapolda Riau yang tengah melakukan perjalanan menuju Kabupaten Rohil.

Buruknya kondisi jalan mulai dari Minas hingga Kandis tak hanya dikeluhkan pengguna jalan dan warga yang bermukim disepanjang perlintasan jalan nasional tersebut. Hampir merata, sepanjang jalan tersebut dipenuhi lubang dan bergelombang. Bahkan akibat buruknya kondisi jalan, membuat mobil bus yang ditumpangi Kapolda Riau mengalami pecah ban.

Saat tengah melaju dengan kecepatan teratur, tiba-tiba bus yang ditumpangi Kapolda Riau dan jajaran pejabat utama mengalami pecah ban pada bagian kanan depan. Lokasinya di KM 78, tepatnya beberapa kilometer setelah pasar Minggu kota Kandis Kabupaten Siak.

Beruntung supir bus bisa dengan sigap mengendalikan kendaraan dan segera menepi. Jika tidak, tentunya kejadian ini akan memakan korban jiwa, karena pada saat yang sama, kondisi arus lalu lintas tengah padat, dimana banyak truk dan kendaraan pribadi serta sepeda motor melintas.

"Disini memang sering terjadi kecelakaan, kadang truk kadang sepeda motor. Ya karena lubang inilah. Karena pengendara menghindari jalan rusak lalu bersenggolan atau laga kambing," ujar Wawan, warga yang tinggal di sekitar lokasi pecah ban iring-iringan Kapolda Riau.

Penuturan warga ini bukan isapan jempol semata, pantauan GoRiau.com selama perjalanan, ada dua kasus kecelakaan yang terjadi. Pada saat berada di Minas, kecelakaan menimpa mobil Pos Indonesia dan truk besar. Lalu beberapa kilometer setelahnya, ada lagi kasus mobil terjungkal ke bahu jalan karena melindas lubang besar. (had)