PEKANBARU - Direktorat Lalu Lintas Polda Riau, mulai mempersiapkan segala hal untuk menghadapi libur panjang akhir pekan ini, khususnya pada hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Seluruh jajaran di masing-masing Polres di Riau juga sudah mempersiapkan pengamanan pada jalur-jalur yang dipergunakan masyarakat untuk mudik.

Direktur Lalu Lintas Polda Riau, Kombes Guritno Wibowo, Selasa (3/5/2016) siang memastikan bahwa persiapan menyambut libur panjang lusa ini, sudah dibahas oleh seluruh jajaran Lalu Lintas se Riau, termasuk saat arus mudik dan arus balik yang diprediksi terjadi akhir pekan nanti, dimana sejumlah masyarakat bakal banyak yang menghabiskan liburan ke luar kota.

"kita persiapkan manajemen dan rekayasa terbatas bersinergi dengan dinas terkait lainnya seperti Dishub, Bina Marga dan PU, termasuk kesiapan jalur-jalur alternatif bila mana ada hambatan atau peningkatan arus kendaraan," jawab Guritno.

Pihaknya, kata dia, juga mempersiapkan segala kemungkinan bila ada kejadian yang sifatnya insidentil, seperti memberlakukan pembatasan (membatasi, red) kendaraan berat seperti truk, tronton dan trailer untuk beroperasi di jalan, khususnya jalur lintas.

"Tergantung kondisi nanti. Bisa saja kita arahkan untuk masuk ke kantong-kantong parkir sampai nanti jalur sudah berjalan normla seperti biasa. Yang jelas kita persiapkan dengan baik, sehingga pemudik aman, nyaman dan selamat sampai tujuan," ungkap Guritno.

Selain itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Riau juga bakal berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, agar menyiapkan alat-alat berat, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam seperti tanah longsor, jembatan ambruk, pohon tumbang dan lainnya yang dapat menganggu kelancaran arus kendaraan.

"Jadi bisa cepat diatasi. Sedapat mungkin alat berat kita tempatkan di titik rawan. Prioritas kita yang lainnya seperti kemacetan, agar bisa diantisipasi oleh anggota di lapangan yang mengatur lalu lintas," pertegas Guritno.

"Secara umum jalur yang dilewati pemudik nanti sudah siap digunakan, namun jalur semenisasi perlu diprioritaskan untuk penjagaan dan pengaturan. Untuk masyarakat yang pergi berlibur dan bepergian jauh kita himbau untuk tetap hati-hati, lengkapi surat kendaraan dan pastikan kendaraan siap untuk dipergunakan," tukasnya. ***