PEKANBARU, GORIAU.COM - Pasangan balon Cagubri dan Cawagubri John Erizal dan Mambang Mit yang sudah memastikan diri maju dalam pilgubri September nanti telah merancang program lima tahun kedepan bila terpilihi nanti. Salah satu program prioritas pasangan Balon Cagubri dan Cawagubri yang diusung koalisi PAN dan PKS yang disingkat JM itu menyediakan pendidikan dan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat Riau.

Program pendidikan dan kesehatan gratis itu disampaikan Balon Cawagubri HR Mambang Mit Kamis malam (6/6/2013) saat bersilaturahim sekaligus memperingati Israk Mikraj bersama masyarakat Desa Simpang Beringin, Pelalawan di Mesjid Al-Qirom.

HR Mambang Mit yang masih aktif sebagai Wagubri itu lebih jauh menjelaskan pendidikan dan kesehatan penting karena kalau masyarakat Riau berpendidikan tinggi dan sehat jasmani serta rohani dengan sumberdaya alam yang banyak dan melimpah maka daerah dan masyarakat Riau akan lebih maju dan sejahtera.

''Pendidikan masyarakat menjadi perhatian dan kita ingin pendidikan dapat menjangkau seluruh masyarakat. Oleh karenanya Insyaallah, pendidikan 12 tahun dari SD, SMP dan SMA akan dibebaskan dari uang sekolah karena potensi daerah kita yang luar biasa butuh SDM yang handal untuk mengelolanya agar termanfaatkan maksimal untuk kemakmuran masyarakat Riau,'' ujar pria yang akrab disapa Ayah MM ini.

''Untuk itu saya mohon diri dan mohon doa restunya untuk untuk maju lagi dalam pilgubri nanti bersama Bapak JE,'' tutur HR Mambang Mit.

HR mambang Mit juga berpesan kepada masyarakat Desa Simpang Beringin untuk tetap menjaga silaturahmi dan persatuan kesatuan antar masyarakat dan pemerintah daerah karena banyak hal positif yang didapat dengan kebersamaan dan kerjasama yang baik diantaranya persoalan dapat diatasi dan diselsaikan dengan baik termasuk dalam pembangunan sarana ibadah mesjid.

Sementara tokoh masyarakat Desa Simpang Beringin, Jumaidi dalam kesempatan itu mengadukan permasalahan kegiatan keagamaaan dan pengembangan ekonomi masyarakat, serta juga soal listrik yang sering padam.

Mengenai listrik diakui Mambang Mit di Riau ketersediaannya masih kurang karena hampir 50 persen baru terpenuhi namun pemerintah sudah membangun PLTU dengan kapasitas dua kali seratus megawat yang akan selesai 2014.

Dengan adanya pembangkit itu akan memenuhi kebutuhan listrik di Riau sehingga tidak perlu ada pemadaman listrik lagi. (rls)