BENGKALIS, GORIAU.COM - Pasar Modern yang akan dibangun Pemkab Bengkalis di Duri diproyeksi akan menelan anggaran Rp22 miliar. Anggaran tersebut nantinya akan dibantu pemerintah pusat melalui APBN sebesar Rp7 miliar sedangkan sisanya Rp15 miliar akan ditanggung oleh Pemkab Bengkalis.

''Dananya merupakan sharing antara pemerintah pusat dan Pemkab Bengkalis. Kita akan membantu Rp15 miliar, sisanya pemerintah pusat,'' jelas Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Pemkab Bengkalis, Indra Gunawan kepada wartawan, Kamis (10/1/2013).

Proyek pengerjaannya sendiri akan dimulai pada tahun 2013 dan berakhir pada tahun 2014 atau dua tahun anggaran. Pasar Modern ini, tambahnya, tidak akan mengganggu Pasar Lama di Balai Makam dan juga tidak akan merelokasi pasar lama ke pasar baru.

''Jadi sifatnya penambahan bukan relokasi, pasar lama tetap ada. Dengan adanya pasar tradisional modern ini diharapkan bisa memecah konsentrasi perputaran uang di satu tempat karena di Mandau, pasar yang berada di Jalan Jendral Sudirman tersebut sangat padat. Bahkan pada pagi hari areal pasar sesak dengan kendaraan dan kerap terjadi macet, nah pembangunan ini merupakan solusi,'' tambahnya. (jfk)