SELATPANJANG, GORIAU.COM - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, meminta lulusan Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIK) Selatpanjang bisa bersaing di pasar kerja untuk berkarya di Masyarakat. Pasalnya, tantangan di luar sana lebih besar jika dibandingkan dengan tantangan di kampus.


"Dengan bekal ilmu yang saudara peroleh selama ini, saya berharap saudara-saudara akan mampu bersaing di pasar kerja untuk berkarya di masyarakat. Tantangan yang saudara hadapi di masyarakat sudah barang tentu lebih berat apabila dibandingkan dengan kampus, sebab persoalan yang dihadapi sangat beraneka ragam," kata H Irwan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Meranti, Bakhtiar, saat wisuda Mahasiswa AMIK, Selasa (25/11/2014).
Disampaikan Irwan lagi, keberhasilan yang dicapai hari ini bukanlah semata-mata milik pribadi karena di balik keberhasilan tersebut, lulusan AMIK ini dituntut untuk berbagi ilmu pengetahuan yang diperoleh agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain yaitu mereka yang secara langsung maupun tidak langsung ikut berkontribusi terhadap keberhasilan mahasiswa yang sudah lulus ini.
"Dalam hal ini, semangat dan motivasi diri menjadi sangat penting untuk menjadikan seseorang mampu manidi berbuat dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti yang kita cintai ini. Kepada para wisudawan yang akan meninggalkan kampus tercinta ini, dimanapun saudara berada dan dalam kegiatan apapun jagalah nama baik almamater dan jangan sampai menodai nama baik almamater sehingga dapat merugikan masyarakat luas," pesan H Irwan lagi.
Wisuda ini pula, dikatakan H Irwan lagi, merupakan sebuah upacara yang menandai perubahan status. Dimana, sebelumnya disebut mahasiswa, dan mulai hari ini (saat diwisuda) mahasiswa itu sudah menjadi sarjana muda. seiring dengan perubahan status ini, berubah pula tanggungjawab yang dipikul.
"Ketika menjadi mahasiswa, saudara memikul tanggungjawab akademik, mulai hari ini tanggungjawab sosial semakin melekat di pundak saudara. Ketika masuk ke dunia nyata, saudara akan menjumpai mitra-mitra atau kolega-kolega dari bidang-bidang ipteks yang berbeda. Di sini keterbukaan atas perbedaan bidan ipteks menjadi sikap yang penting," katanya lagi.
Selain itu, sarjana muda ini juga dituntut bisa melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan lingkungan yang baru. Sarjana muda juga akan dihadapkan pada target-target capaian dan tangangan-tantangan.
"Keberhasilan saudara ditentukan oleh kemampuan saudara dalam menyesuaikan diri, mencapai target dan menjawab tantangan tetapi di balik ini semua ada satu prinsip yang penting untuk digaris bawahi. Keberhasilan yang bermakna adalah keberhasilan yang membawa kebaikan bagi orang lain. Mereka yang membawa kebaikan bagi masyarakat, pastilah orang-orang yang berhasil," kata Irwan menutupi pesannya untuk lulusan AMIK tahun 2014 itu.(zal)