JAKARTA, GORIAU.COM - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan tugas utama kepala daerah adalah mengoptimalkan penyerapan anggaran. Untuk Provinsi Riau, hingga awal Agustus, baru terealisasi 15 persen.

''Riau baru 15 persen, Provinsi DKI Jakarta yang puluhan triliun, belum sampai 20 persen terserap. Tetapi mereka semua sudah berjanji mudahan-mudahan semua optimalisasinya akan segera berjalan dengan target pertumbuhan daerah yang bisa tercapai dengan baik,'' kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam sambutanya kemarin saat menghadiri silaturahmi dan sarasehan Apkasi di gedung IFC (International Financial Centre), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (1/8/2015).

Sementara itu, Tjahjo berharap kedepannya sesama kepala daerah semakin kompak dan juga mampu memperdayakan dan mengoptimalkan kinerja camat, kepala desa, lurah, menjadi suatu kesatuan yang tidak mungkin bisa dipisahkan. "Kepala daerah juga harus membangun komunikasi yang baik DPRD," pintanya.

Lanjutnya, sesuai dengan janji Bapak Presiden Jokowi Dodo dengan anggaran Tahun 2016, setiap kepala daerah ditambah uang taktis mendapatkan Rp 100 miliar per daerah. ''Kalau ada daerah Kabupaten/Kota tidak mampu secara optimal dalam penyerapan anggaran, ya mohon maaf kalau nanti dipotong,'' pungkasnya. (ari)