PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Kabupaten Pelalawan. Kali ini 100 hektar lahan dan kebun di Dusun Kopau, Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan terbakar, Rabu (1/7/2015).

Diinformasikan Kapolres Pelalawan, AKBP Ade Johan H Sinaga melalui Paur Humas, kebakaran lahan di Kerumutan tersebut terjadi sejak Selasa kemarin dan masih terus dilakukan upaya pemadaman.

"Kebakaran lahan terjadi di titik koordinat E 102'22'55.2" S 0'1'58.8", di Dusun Kopau, Kelurahan Kerumutan," ungkapnya.

Disebutkan Sijabat, api telah membakar lahan lebih kurang 100 hektar sejak kemarin. Dan upaya pemadaman saat ini masih berlangsung dengan melibatkan personil Tim Karhutla gabungan.

Lanjutnya, tim dipimpinan Kasat Reskrim Polres Pelalawan bersama Kasat Bimmas dan Kapolsek Kerumutan, bersama sejumlah personil dari Polres Pelalawan, Polsek Kerumutan, Koramil, BPBD Pelalawan, RPK PT SLS 15, RPK PT Mitra Tanidan masyarakat pemilik kebun.

"Pemadaman juga dibantu satu Helikopter untuk melaksanakan bombing udara, satu unit mobil PMK PT SLS, 1 unit mobil serbaguna BNPBD Pelalawan, 10 unit mesin minstriker, 6 unit mesin robin," sebut Sijabat.

Sampai saat ini, terang Sijabat, api belum dapat dipadamkan karena angin cukup kencang. Selain itu, sasaran api yang membakar lahan sulit dijangkau melalui jalur darat.

"Untuk pelaku saat ini masih dalam lidik. Upaya pemadaman masih terus berlangsung," tandasnya.(***)