PEKANBARU, GORIAU.COM - Rencana Pemerintah Kota membangun Pasar Induk harus segera terwujud. Dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, Pekanbaru dinilai layak memiliki lebih dari satu Pasar Induk untuk mengakomodir membludaknya jumlah pedagang.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru H Roni Amriel mengatakan, Pasar Induk sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk mengakomudir pedagang grosir maupun eceran dibeberapa ruas jalan yang menyebabkan kemacetan, seperti kawasan Jalan Ahmad Yani, Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Soekarno Hatta (Pasar Arengka) serta beberapa lokasi yang menjadi konsentrasi pedagang, terutama pada pagi hari.

"Sebelumnya Pemko memang sudah menyampaikan rencana ke DPRD, bahkan kami sudah membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas rencana pembangunan dua yakni Pasar Induk dengan Pasar Palapa. Rencananya pasar ini dibangun dengan sistem BGS (Bangun Guna Serah)," kata Roni Amril kepada GoRiau.com, Sabtu (30/5/2015).

Anggota Pansus Pasar ini menyarankan agar rencana pembangunan Pasar Induk ini dengan konsep yang bagus dan dapat bertahan untuk jangka waktu tetentu.

"Bangunan dan sistem pengelolaannya harus menjadi contoh bagi daerah lain, karena Pekanbaru inikan merupakan ibukota Provinsi Riau. Kami dukung penuh rencana Pemko, bahkan kedepan harus ada Pasar Induk lainnya seiring dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan kota yang semakin tinggi," sambung Roni Amril.

Namun Roni menyarankan, Pemko sebaiknya mempertimbangkan lokasi strategis untuk membangun pasar yang baru agar memberikan kemudahan kepada masyarakat dan pedagang umumnya. Pasar Induk sebaiknya berada di kawasan rencana jalan lingkar, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas. Misalnya di kawasan Jalan Garuda Sakti dari barat, kawasan Palas dari utara dan Tenayan Raya dari kawasan timur serta selatan.

"Harapan kami terhadap Pasar Induk sangat besar, coba kita lihat sekarang bongkar muat barang terutama sayur mayur dan buah-buahan dilakukan di pinggir jalan. Jadi Pasar Induk sudah kebutuhan yang perlu segera direalisasikan. Dengan adanya Pasar Induk, semua akan tertampung di situ," tegasnya.(rul)