PEKANBARU, GORIAU.COM - Dalam rangka menertibkan lalu lintas, Satuan Lalulintas Polisi Resort Kota (Sat Lantas Polresta) Pekanbaru melaksanakan razia. Dalam razia di Setiabudi, Selasa (12/8/2014), setidaknya 122 pelanggar yang ditindak, dimana 64 pelanggar diberikan tilang.

"58 pelanggar lagi masih diberi teguran sebatas lisan," ujar Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Zulanda, SIk. Ia mengatakan, sasaran utama dalam penertiban ini adalah para pengendara yang tidak mengenakan helm.

Kegiatan ini, kata Zulanda, akan terus dilakukan hingga para pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor memiliki kesadaran akan pentingnya menggunakan helm. "Kami akan konsisten melaksanakan kegiatan ini, supaya pengguna jalan sadar akan pentingnya keselamatan," katanua.

"Kegiatan ini masih menggunakan tekhnik mobile atau 'huntung system', namun agak berbeda dari kegiatan biasanya," terang Zulanda. Biasanya, kegiatan ini dilakukan dengan berlawanan arah. Namun, kali ini dilakukan secara bergelombang.

"Jadi, kelompok satu yang dipimpin seorang perwira pengawas bergerak terlebih dahulu. Setelah itu, baru diikuti gelombang berikutnya," jelas Zulanda.

"Kegiatan ini, akan terus dilakukan dengan sasaran lokasi berbeda. Hingga pada akhirnya, kesadaran untuk menggunakan helm menjadi kebutuhan oleh masyarakat," urai Zulanda. Ia berharap, masyarakat dapat meningkatkan ketertiban dalam lalu lintas. Tentunya, dengan mentaati setiap peraturan lalu lintas.(san)