PEKANBARU, GORIAU.COM - Dinas Binamarga Provinsi Riau harus segera memperbaiki Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru tepatnya di simpang empat Pasar Pagi Arengka dan depan perumahan Sidomulyo, yang kondisinya saat ini sudah rusak parah.

Demikian disampaikan anggota Komisi D DPRD Riau, Zukri Misran kepada GoRiau.com, Rabu (14/1/2015). Menurutnya, program perbaikan jalan seharusnya merupakan swakelola yang bisa digunakan kapan saja.

''Perbaikan badan jalan kedepan tak usah kontraktual, yang berdasarkan waktu pengerjaan, tapi cukup swakelola dan bisa digunakan kapan saja. Tidak seperti sekarang,'' ujar politisi PDIP Riau ini.

Menurutnya, kasus seperti rusaknya jalan Soekarno Hatta Pekanbaru merupakan pelajaran berharga bagi Provinsi Riau, pasalnya, sangat aneh lobang yang tidak terlalu dalam tapi menganggu itu, harus dikerjakan pada akhir tahun anggaran, sementara kerusakan kecil tidak bisa diprediksi kapan terjadi.

''Kita harus belajar dari Sumatera Barat, yang begitu tanggap begitu ada jalan yang rusak. Bahkan saat jalan amblas, mereka hanya butuh dua hari untuk menyambung kembali seperti yang terlihat di Pangkalan Kotobaru belum lama ini. Ini menunjukkan PU Sumatera Barat lebih pandai mensiasati anggaran,'' jelasnya.

Saat ini ada dua titik terparah di Jalan Soekarno Hatta yakni di depan pasar pagi dan depan perumahan Sidomulyo, jika Binamarga serius, pengerjaannya tidak akan terlalu lama. ''Selain itu, kedepan perbaikan jalan sebaiknya pada titik-titik yang rusak saja, tidak satu blok karena itu merugikan baik dari keuangan maupun pengerjaan,'' jelasnya. ***