PEKANBARU, GORIAU.COM - Biasanya sulit didapat, Ikatakan Dokter Indonesia (IDI) Pekanbaru membagikan 4 ribu masker jenis N95, Kamis (1/10/2015). Bagi-bagi masker dilakukan di depan Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau.

Masker yang sudah memenuhi standar untuk dipakai itu biasanya sulit didapat, jika pun ada disediakan dengan harga yang sangat mahal, antara Rp25-30 ribu per buah.

"Ini merupakan wujud kepedulian kami kepada masyarakat yang masih minim menggunakan masker N95," ungkap Sekretaris IDI Pekanbaru Marhan Effendi ketika ditemui GoRiau.com, di sela-sela pembagian.

Lanjut Marhan, IDI Pekanbaru bekerjasama dengan IDI Bandung dan IDI Gianyar serta IDI seluruh Indonesia menyediakan 4.000 masker N95 untuk dibagi-bagikan gratis kepada masyarakat.

"Sekitar 4.000 masker N95 ini telah kami bagikan sejak tadi pagi dibeberapa titik," jelasnya.

Marhan mengungkapkan bahwa kabut bisa mengandung partikel halus yang berukuran 2,5 mikron atau lebih kecil dan penelitian telah menunjukkan bahwa masker N95 menyediakan perlindungan yang baik terhadap partikel pencemar di mana setidaknya 95% efektif untuk partikel halus yang berukuran 0,1-0,3 mikron.

"Kami menghimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan, serta rutin mengonsumsi vitamin dan makanan sehat," pungkasnya.***