PEKANBARU, GORIAU.COM - Aktivitas di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru terpantau sepi pada akhir pekan ini. Hanya tampak puluhan pengunjung berbagai kelangan mondar-mandir di terminal tunggu dan keberangkatan.

Beberapa bocah merumur tidak lebih lima tahun terlihat asyik bermain dengan pengawalan ibu-ibu mereka. Sementara di beberapa kafe di halaman dan di dalam gedung terminal hanya tampak beberapa orang saja tengah menikmati suguhan minuman dan makanan.

Pada hari ini, Sabtu (9/11/2013), Bandara SSK II menjadwalkan lebih dari 36 pesawat keberangkatan dan kedatangan dari dan tujuan berbagai daerah dalam dan luar negeri.

Pada monitor yang terpasang di terminal tunggu, terlihat ada tujuh jadwal pesawat untuk kedatangan. Semisal Lion Air rute Jakarta-Pekanbaru dengan kode penerbangan JT 290 direncakan mendarat pada pukul 13.35 WIB. Sementara Garuda Indonesia (GA) 264 dari Padang dijadwalkan mendarat di Bandara SSK II pada pukul 13.10 WIB.

Kemudian Lion Air JT 140 dari Medan tiba akan tiba pukul 13.45 WIB, Sriwijaya Air SJ 040 dari Jakarta terjadwal mendarat pukul 14.00 WIB.

Selanjutnya untuk Air Asia AK 1340 dari Kuala Lumpur direncanakan sampai di Bandara SSK II Pekanbaru pada 14.25 WIB, Citilink QG 934 dari Batan terjadwal sampai pukul 14.30 WIB dan terakhir Mandala Tiaerair RI 072 dari Jakarta akan tiba pukul 14.50 WIB.

Tujuh pesawat milik berbagai maskapai itu juga direncanakan kembali terbang ke rute berlawanan sejak sore hingga malam nanti.

Petugas bandara yang ditemui mengaku aktivitas penerbangan yang mulai dibuka sejak pukul 06.00 WIB hingga siang ini berjalan lancar tanpa ada gangguan yang berarti.

"Kalau ada penundaan penerbangan sementara, itu lebih disebabkan teknis bukan faktor cuaca. Akhir pekan ini memang lebih sepi dari biasanya. Penyebabnya kurang tahu," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Baiquni.

Bandara SSK II dalam sehari rata-rata disinggahi oleh sebanyak 4.000 penumpang kedatangan dan sekitar 3.500 penumpang pesawat keberangkatan tujuan berbagai daerah dalam dan luar negeri.

"Tapi pada hari-hari khusus seperti libur anak sekolah dan libur perayaan hari keagamaan, jumlah penumpang bisa melonjak dalam sehari mencapai lebih 10 ribua (kedatangan dan keberangkatan)," kata Baiquni.

Bandara SSK II Pekanbaru yang kini membuka rute penerbangan internasional khususnya Pekanbaru-Malaysia dan Pekanbaru-Singapura (dan rute berbalik) sebelumnya sempat beberapa kali 'terganggu' kabut asap tebal yang diduga dampak dari maraknya peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Riau.

Namun sejak memasuki musim hujan dalam beberapa pekan terakhir, Bandara SSK II kembali beroperasi dengan baik.(fzr)