PEKANBARU, GORIAU.COM - Wajah sumringah dan penuh senyum menghiasi 18 orang warga Kecamatan Limapuluh ketika menymbut kedatangan Walikota Pekanbaru Firdaus ST M beserta rombongan, Sabtu (22/11/2014) dalam momen peletakan batu secara simbolis pembangunan rumah layak huni di Jalan Tanjung Jati, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru, Riau.

18 orang warga yang terdiri dari kaum ibu dan sebagian bapak-bapak tersebut, adalah para penerima program rumah layak huni tahun 2014 dari Pemko Pekanbaru, mereka sengaja datang dari berbagai kelurahan di Kecamatan Lima Puluh untuk menyampaikan ucapan terimakasih kepada Walikota Pekanbaru yang datang ke lokasi tersebut bersama Kadis PU Dadang dan Camat Limapuluh, Erisman.

Gustina salah seorang warga yang beruntung tersebut menyampaikan langsung kepada Walikota ucapan terimakasih yang teramat dalam atas anugrah dan bantuan rumah layak huni yang diterimanya dari Pemko Pekanbaru.

''Terimakasih pak Wali, kami dan keluarga sangat berbahagia mendapat bantuan ini, sehingga kami bisa bertempat tinggal di rumah yang layak dan bersih, nyaman serta sehat,'' ucap Gustina yang didampingi suaminya.

Menanggapi hal itu, Walikota berpesan kepada Gustina dan 17 orang warga lainnya penerima rumah layak huni agar rumah yang dibangun dari program Rumah Layak Huni dengan memberdayakan Organisasi Masyarakat Setempat (OMS), agar dijaga, dibersihkan, serta memberikan contoh yang baik bagi lingkungan sekitar.

''Selamat menempati rumah baru, semoga bermanfaat untuk keluarga, untuk berlindung, tempat beribadah, dan tempat berkumpul penuh kasih sayang, keluarga yang bahagia, sehat, dan lingkungan yang bersih,'' ujar Walikota.

Sementara itu sebelumnya Ketua OMS Limapuluh dalam laporannya menyampaikan bahwa seluruh program Pemko yang memberdayakan OMS di Limapuluh, sudah terlaksana dengan baik, dan mengalami peningkatan lebih dari 100 persen dibandingkan dari tahun 2013 lalu.

''Tahun 2013 OMS di Limapuluh terdiri dari 11 unt Rumah layak huni, 12 titik semenisasi jalan, serta 2 saluran parit, dengan total dana yang dianggarakan Pemko sekitar Rp860 juta. Dan tahun 2014 ini Rumah layak huni 18 unit semenisasi 10 lokasi, dengan total dana sekitar Rp1.4 M, dengan demikian mengalami peningkatan lebih dari 100 persen. Kita patut berterimakasih kepada pak Walikota dan Camat Limapuluh,'' ujar Indra Ketua OMS Limapuluh. (rls)