PEKANBARU, GORIAU.COM - Tim Dayung Provinsi Riau memutuskan untuk turun di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung di Makassar, 1-9 Desember 2014. Sebanyak 74 atlet dan pelatih telah dipastikan berangkat.

Dayung Riau sendiri baru saja mendapat musibah atas kehilangan salah satu atlet andalannya, Rubi Andriany. Rubi meninggal saat menjalani latihan di Sungai Siak beberapa waktu lalu.

Rowing yang ditumpangi terbalik setelah terhempas oleh ombak kapal yang lewat, sehingga dirinya tenggelam dan dibawa arus. Jasad Rubi ditemukan seharis setelah dirinya dinyatakan hilang.

"Pelatih memang tertegun saat saya tanyakan berapa atau tidak, ada sekitar 15 menit. Kemudian memutuskan untuk tetap berangkat," kata Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Riau, Sanusi Anwar kepada GoRiau.com, Santu (29/11/2014).

Karena dikatakan Sanusi, mereka akan berjuang dengan niat ingin membuat bangga Rubi. "Mereka tidak ingin perjuangan Rubi menjadi sia-sia," tegas Sanusi.

Sementara saat ditanyakan mengenai psikologis para atlet, Sanusi mengakui itu pasti sangat berpengaruh. "Sudah pastu, karena mereka setiap hari bersama menjalani latihan," kata Sanusi.

Mengenai target, Sanusi berharap Kontingen Dayung Riau bisa mempertahankan peringkat 3 besar yang selama ini diperoleh. "Meski ada hal-hal yang belum bisa kita lewatkan, namun prestasi harus tetap kita kejar," tegas Sanusi.***