RENGAT, GORIAU.COM - Setelah selama tiga hari masa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) periode 2016-2021 dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhu, akhirnya hanya dua pasang calon kepala daerah yang mendaftar.

Uniknya, kedua pasangan calon yang mendaftar adalah sama-sama mantan bupati yakni calon bupati Yopi Arianto yang sebelum adalah Bupati Inhu dan H Tengku Mukhtaruddin yang sebelumnya adalah bupati Anambas, Kepulauan Riau.

''Setelah memasuki hari ketiga dan kita tutup pada pukul 16.00 WIB, hanya dua pasang calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar ke KPU Inhu, keduanya mendaftar sama-sama hari kedua yaitu, Senin (27/7/2015. Kedua pasang calon itu, yakni pasangan H Tengku Mukhtaruddin-Hj Aminah (TM-Amin) dan H Yopi Arianto-H Khairizal (YP-KH),'' ujar Ketua KPU Inhu Muhammad Amin kepada GoRiau.Com, Selasa (28/7/2015 di kantornya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28072015/1bjpg-2802.jpgKetua KPU Inhu bersama komisioner saat menggelar sidang pleno penerimaan berkas calon.Dikatakan Amin, sebagai pendaftar pertama yang tiba di KPU Inhu yaitu, pasangan H Tengku Mukhtaruddin-Hj Aminah yang diusung oleh Partai Gerindra, Hanura dan Demokrat, dengan total kursi 13. Disusul oleh pendaftar kedua yaitu pasangan H Yopi Arianto-H Khairizal yang diusung oleh Partai PDI Perjuangan, PKS, PAN dan PKPI dengan total kursi 13. Kedua berkas kandidat bupati itu sudah diterima dalam rapat plenokan KPU.

Namun demikian, untuk syarat pendaftaran kedua pasang kandidat bupati dan wakil bupati itu sudah memenuhi syarat. Akan tetapi, berkas yang dimasukan sebagai syarat pendaftaran masih belum lengkap dan harus dilakukan perbaikan lagi, sebut Amin.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28072015/1cjpg-2801.jpgPasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati H Yopi Arianto-H Khairizal saat mengikuti sidang pemeriksaan berkas pencalonan di KPU Inhu.''Setelah masa pendaftaran kita tutup, kita akan memasuki tahap selanjutnya, yaitu tahapan penelitian syarat pencalonan dan syarat calon. Penelitian syarat ini akan kita lakukan mulai pada, Rabu (28/7/2015) hingga (3/8/2015). Hal itu guna memferifikasi berkas calon yang masih belum lengkap, sehingga untuk sesegera mungkin mereka lengkapi,'' jelas Amin.

Masih kata Amin, atas nama keluarga besar KPU Inhu, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan pendukung masing-masinh calon yang sudah menjaga keamanan dan ketertipan saat pendaftaran berlangsung.

Kepada pihak pengamanan, dalam hal ini Polri, TNI dan Satpol PP pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas bantuan dan partisipasi pengamanan yang sudah diberikan untuk kelancaran semua ini, pungkas Amin menjelaskan. (jef)