RENGAT- Bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Riau H Yopi Arianto apresiasi festival budaya melayu yang diselenggarakan SMA 1 Negeri Lirik, Jumat (22/4/2016).

Bahkan, kegiatan yang sudah memasuki tahun ke II itu diikuti oleh pelajar dari berbagai tingkatan dari SD hingga SMA se Kecamatan Lirik dan Pasir Penyu. Adapun yang dilombakan dalam festival tersebut yakni, lagu melayu tingkat SD dan lomba fashion show busana muslim melayu tingkat SMP dan SMA.

"Saya sangat apresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini. Ini merupakan kegiatan budaya yang patut digalakkan," ujar Bupati Inhu H Yopi Arianto dalam sambutannya pada acara pembukaan festival tersebut.

Kegiatan ini hendaknya dapat menjadi tameng bagi semua pihak, khususnya para generasi muda agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya luar yang negatif.

"Saya harapkan, kegiatan ini bukan hanya sekedar acara ceremonial semata. Melalui festival ini, hendaknya mampu memaknai sebagai sarana pengetahuan tentang sejarah budaya melayu," tegasnya.

Maka dari itu, selain dijadikan sebagai agenda rutin, kedepan kegiatan ini dapat diperluas dengan melibatkan pihak pemerintah, perusahaan dan masyarakat. Sehingga, secara tidak langsung dapat memberikan pengaruh positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat, pungkasnya tegas.

Pada kesempatan itu, atas nama Pemkab Inhu, bupati menyerahkan bantuan dana kepada pihak panitia penyelenggara.(rls)