RENGAT,GORIAU.COM - Setelah pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat selesai dilaksanakan, saat ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) gelar sosialisasi terkait pelaksanaan UN tingkat SMP.

"Sosialisasi UN ini dipusatkan dibeberapa UPTD dan diikuti oleh Kepala SMP, MTs, pegelola PKBM dan SMP-LB serta panitia UN tingkat SMP se Kabupaten Inhu. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kendala yang akan terjadi", ujar Ketua UN Kabupaten Inhu Mursidi SS Msi, Selasa (28/4/2015).

Selain itu sebutnya, dalam sosialisasi itu juga membicarakan seputaran pelaksanaan UN, mulai dari pendistribusian soal hingga pengembalian lembaran jawaban komputer (LJK) pelajar.

Dengan demikian, kepada masing Kepsek dan Panitia UN, diminta untuk bisa berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan itu serta mengkoordinasikan jika terjadi kekurangan dan masalah lainnya dengan Panitia UN Kabupaten Inhu, tegasnya.

"Besok, Rabu (29/4/2015) kita akan melakukan pengecekan sampul naskah soal bersama Kepala SMP sederajat. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kekurangan sampul soal sesuai dengan kebutuhan di setiap sekolah. Cek sampul ini tidak membuka soal ujian, melainkan hanya mencocokan sampul sesuai dengan kebutuhan", terangnya.

Pelaksanaan UN ditingkat SMP sederajat tidak jauh berbeda dengan UN ditingkat SMA. Dengan demikian, diharapkan panitia yang ada tidak canggung dan bisa lebih leluasa memberi penjelasan kepada Kepsek dan Panitia UN ditingkat SMP sederajat. "UN tingkat SMP ini insyaallah akan dilaksanakan pada 4-7 Mei mendatang", pungkas Mursidi.(jef)