RENGAT, GORIAU.COM - Untuk memeriahkan acara pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Riau yang akan digelar di Stadion Narasinga Rengat, sedikitnya 650 penari dari berbagai komunitas tari akan unjuk gigi pada acara pembukaan perhelatan akbar tersebut, Sabtu (18/10/2014) malam ini. 

Dalam penampilannya nanti, para penari yang berasal dari berbagai sekolah dan group tari se Kabupaten Indragiri HUlu (Inhu) itu, akan menampilkan berbagai macam tarian yang dikombinasikan dalam satu tarian massal yang bertajuk Rentak Tuah Negeri.

"Tari Rentak Tuah Negeri ini merupakan hasil kombinasi berbagai macam tari di Inhu, salah satunya tari rentak bulian yang merupakan tari andalan Riau asal Inhu", ujar Koordinator Bidang Acara dan Seremonial panitia Porprov VIII Riau, Adri Bahar kepada GoRiau.Com, Sabtu (18/10/2014) di Rengat.

Selain itu tambahnya, tarian kirab budaya dan marcing band juga akan ambil bagian pada acara pembukaan itu. Begitu juga dengan tarian kajang serong, penampilan becak hiyas serta pesta kembang api.

Menariknya lagi, tambah Adri, pertunjukan dua buah boneka raksasa berbobot 100 Kg dengan tinggi 3 meter serta lebar satu meter, hasil karya anak negri dari Desa Pematang Jaya, Kecamatan Rengat Barat, juga akan mengisi acara pembukaan porprov nanti. Porprov akan dibuka secara resmi oleh Plt Gubernur Riau Andi Rachman.(jef)