RENGAT,GORIAU.COM - Jenazah Letkol Purn H Abu Bakar yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah dimakamkan secara militer, di Taman Makam Bahagia (TMB) tepat dibelakang Taman Makam Pahlawan (TMP) Indra Bhakti, Pematang Reba, Jumat (16/1/2015) siang tadi.

Sebelum dimakamkan secara militer, bertempat di rumah duka, Jalan Purnawirawan, Pematang Reba, pihak keluarga terlebih dahulu menyerahkan jenazah mantan anggota perang Timur-Timur itu kepada Kodim 0302 Inhu yang diterima langsung Kasdim, Mayor Kav Sukri Hendri.

Pada saat upacara pemakaman, Kasdim 0302 Inhu lansung bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), sedangkan Kapten Upacara, Kapten Nirzam yang juga Pasi Personalia serta Komandan Upacara, Kapten Inf Siswandi. Prosesi upacara pemakaman diawali dengan pembacaan riwayat hidup, almarhum, diantaranya Bintang Seroja, Setya Lencana 8 tugas, Setya lencana 24 tahun, serta Bintang Kartika Eka Pakci Nararya.

Saat jenazah diturunkan ke liang lahat, tujuh prajurit TNI Angkatan Darat menembakan salvo ke udara. Bendera merah putih berukuran besar memayungi liang lahat saat itu.

"Saya Mayor Kav Sukri Hendri, Kasdim 0302 Inhu mempersembahkan ke persada ibu pertiwi segenap jiwa, raga dan jasa almarhum selama bertugas sebagai anggota TNI dan DPRD Kabupaten Inhu. Semoga almarhum mendapatkan tempat yang layak. disisi Allah dan segala amal perbuatan almarhun diterimanya," sebut Mayor Hendri.

Selain itu, kepada istri dan anak almarhum yang ditinggalkan hendaknya menerima hal ini dengan tabah dan sabar, tukasnya.

Sebelum dimakamkan, jenazah almarhun disemayamkan di rumah duka dan dishalatkan di Mushallah daerah itu. Ratusan pelayat mulai dari pejabat daerah, seperti Wakil Bupati Inhu, H Harman Harmaini, masyarakat dan kerabat almarhum juga ikut menyolatkan.

Begitu juga saat upacara pemakaman, Wakil Bupati Inhu, H Harman Harmaini dan ratusan pelayat tersebut juga hadir dan mengikuti rangkaian upacara. Putra H Masnur dan Ibu Rosna(Alm) itu wafat, pada Kamis (15/1/2015) pagi semalam sekitar pukul 08.30 WIB di RS Ananda Bekasi, karena sakit yang dideritanya. Almarhum wafat pada usia 65 tahun meninggalkan seorang istri, 7 anak dan 5 orang cucu.(jef)