RENGAT,GORIAU.COM - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) H Kasiarudin secara resmi melepas 1200 atlit dayung dan 25 jalur yang berasal dari 9 kecamatan di Inhu untuk berlaga pada even pacu jalur tingkat nasional di Tepian Narosa Teluak Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi.

Pelepasan kontingen jalur tersebut dipusatkan di halaman Kantor Bupati Inhu, Jalan Lintas Timur Pematang Reba. Hadir dalam acara tersebut para staf ahli bupati dan Armansyah selaku Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) Inhu, Rabu (19/8/2015) siang tadi.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Inhu H Kasiarudin berharap agar kontingen Inhu bisa meraih juara pada even pacu jalur tersebut. "Saya yakin kita bisa menjadi sang juara seperti tahun-tahun sebelumnya dan jangan lupa jaga stamina dan kesehatan masing-masing atlit", ujarnya.

Selain itu sebutnya, untuk meraih kemenangan dalam sebuah lomba atau pertarungan, teknik dan kekompakan tim adalah hal yang paling utam. Jika dalam sebuah tim sudah kompak, maka akan tercapai sebuah kerjasama yang solit, sehingga kemenangan yang diimpikan tentu akan terwujud, tegasnya.

Ditambahkan Pj Bupati Inhu, bagi tim atau jalur yang mampu meraih prestasi, mulai dari juara satu hingga sepuluh besar, pemerintah sudah menyiapkan bonus berupa uang tunai senilai Rp 150 juta rupiah. "Mari tunjukan dan buktikan bahwa jalur utusan Kabupaten Inhu adalah yang terbaik dan juara adalah harga mati", pungkas Pj Bupati Inhu itu tegas.

Sementara itu, Kadisporabudsata Inhu Armansyah dalam sambutannya menambahkan bahwa, tahun ini Pemkab Inhu juga memberikan bantuan kepada atlit dayung yang mengikuti Pacu Jalur di Taluk Kuantan, diantaranya bantuan dana untuk setiap jalur yang berangkat senilai Rp1.500.000 s/d Rp2.500.000.

Sementara untuk dana transportasi, masing-masing atlit dibantu sebesar Rp115.000 dan uang konsumsi sebesar Rp40.000/ hari. Untuk kostum atlit juga disipakan masing-masing 1 pasang. Begitu juga dengan sarana air bersih dan penerangan serta tenda telah disiapkan Pemkab Inhu, sebutnya.

Untuk diketahui, 25 jalur asal Inhu yang akan berlaga pada even pacu jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan tersebut yaitu, 6 jalur utusan Kecamatan Rengat, 7 jalur utusan Kecamatan Rengat Barat, 3 jalur utusan Peranap, 2 jalur utusan Kuala Cenaku, 2 jalur utusan Batang Peranap, 2 jalur utusan Lirik, 1 jalur utusan Pasir Penyu, 1 jalur utusan Sungai Lala dan 1 jalur utusan Kelayang, pungkas Armansyah.(jef)