RENGAT, GORIAU.COM - Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bekerjasama dengan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) akan menggelar Festival Batang Gansal Tahun 2014. Acara akan dipusatkan di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal.

Festival ini bertujuan untuk mengangkat budaya dan pariwisata lokal Inhu. Selain itu juga sebagai ajang pelestarian alam. Iven ini merupakan agenda tahunan Kabupaten Inhu.

Kepala Disporabudsata Inhu Armansyah didampingi Kasi Pengembangan Objek Wisata, Elia Nora menyebutkan, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan dan ferstival tersebut. Dijadwalkan festival tersebut akan dibuka besok, Jum'at  (14/10) hingga Minggu (16/11/2014). 

"Dalam Festival Batang Gansal ini, ada beberapa kegiatan yang akan diperlombaan, yakni berupa budaya lokal khususnya dari suku Talang Mamak. Diantaranya, lomba kerajinan dalam bentuk souvenir khusus untuk perempuan, lomba silat tradisional laki-laki, lomba musik gambus laki-laki dan perempuan, lomba rakit bambu oleh ibu-ibu, pacu sampan, lempar tombak dan lomba main gasing," sebutnya.

Tidak hanya itu, panitia juga akan memperlombakan balap sepeda gunung, lomba memancing dan photografi. Kegiatan ini boleh diikuti oleh masyarakat pada umumnya.  

"Untuk lomba sepeda gunung akan melintasi jalur sejumlah lokasi wisata alam air terjun dan  arung jeram di lokasi TNBT. Pada malam hari, akan disaajikan hiburan rakyat berupa musik keyboard dan lanyar tancap. Hadiah yang disediakan berupa uang dan tropi disetiap cabang lomba," jelasnya.

Dengan demikian, melalui festival ini, diharapkan mampu mengundang wisatawan untuk datang ke Inhu, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah dan bahkan manca negara, tukasnya.(jef)