RENGAT,GORIAU.COM - Sebanyak 229 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bertolak dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam menuju Madinah, Rabu (2/9/2015) siang tadi. Keberangkatan JCH tersebut dilepas langsung Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin dari Embarkasi Batam.

Turut hadir Ketua DPRD Inhu Miswanto, anggota DPRD Inhu Wisma Happy, Kakan Kemenag Inhu H Abdul Kadir, beberapa pejabat dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Inhu, pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Inhu serta Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Inhu.

Pj Bupati Inhu H Kasiarudin dalam arahannya berharap, seluruh JCH dapat meluruskan niat, menunaikan ibadah haji semata-mata hanya karena Allah SWT dan melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji sesuai dengan yang diperintahkan Allah SWT dan diajarkan Rasul.

JCH hendaknya dapat melaksanakan ibadah dengan tertib dan khusyuk serta mentaati aturan dan jadwal yang telah ditetapkan.

"Ikuti petunjuk dan panduan yang telah diberikan oleh panitia penyelenggara haji. Jauhi segala sesuatu yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kemabruran haji serta yang tidak kalah pentingnya, jamaah haji harus dapat menjaga kesehatan sehingga dapat menunaikan ibadah hingga selesai", terangnya.

Saat berada di tanah suci, jamaah hendaknya dapat mengirimkan doa agar Kabupaten Inhu tetap aman, tentram dan kondusif dalam melaksanakan pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu lima tahun kedepan dalam Pilkada serentak tahun 2015.

"Selamat menunaikan ibadah haji, semoga selamat kembali  ke tanah air dan berkumpul dengan seluruh anggota keluarga serta menjadi haji mabrur", pungkasnya.

Sebelumnya sekretaris PPIH Embarkasi Batam, Drs H Madzjad mengungkapkan bahwa, 229 JCH Kabupaten Inhu yang diberangkatkan menuju Madinah tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) IX bersama dengan 212 JCH asal Kota Pekanbaru dan 1 JCH mutasi dari Kabupaten Rokan Hulu dan 5 orang petugas kloter. "Ada dua orang JCH di kloter IX yang gagal berangkat karena meninggal dunia dan sakit," ucapnya.

Sesuai jadwal, JCH kloter IX akan tiba di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz, Madinah pada pukul 15.20 WIB. Dan akan kembali ke tanah air melalui Embarkasi Batam pada tanggal 11 Oktober 2015, sekitar pukul 12.35 WIB, jelasnya singkat.(jef)