PEKANBARU - Seminggu menjelang libur Idul Fitri 1437 H, kondisi arus mudik di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru relatif sepi. Hal itu berbeda dengan sejumlah Pool (Agen) bus ke sejumlah daerah, mulai terlihat antre.

Seperti terlihat disejumlah loket dan agen bus sepanjang Jalan SM Amin, Jalan Siak II, Jalan Air Hitam dan Jalan Garuda Sakti seperti PO. Handoyo, PO SAN, PO Makmur, ALS dan PO Raflesia.

Beberapa agen mengaku penumpang di akhir pekan sedikit mengalami peningkatan, terutama untuk tujuan perjalanan jauh seperti Medan, Jakarta, Palembang dan Bengkulu.

"Agak lumayan banyak dari hari-hari biasa, kemungkinan mereka penumpang yang bekerja sebagai pedagang atau buruh lepas. Mereka khawatir kalau terlalu dekat hari H, tidak kebagian tiket," kata Ujang, penjaga loket bus PO. Makmur.

Pemandangan itu tidak terlihat seperti di loket dalam terminal BRPS. Kendaraan justru tampak sepi, aktifitas terminal hanya ada hilir mudik bus kota Trans Metro Pekanbaru. Sesekali bus AJAP dan AJDP masuk ke terminal. Para agen ini cenderung memilih loket sendiri ketimbang tempat resmi di terminal BRPS.

Sementara lalu lintas kendaraan di Pekanbaru mulai padat pada sore hari. Pada akhir pekan ini banyak kendaraan masuk kota, karena kemungkinan warga di beberapa wilayah penyangga seperti Siak, Kampar, Pelalawan dan Rohul datang berbelanja keperluan lebaran di Pekanbaru.***