SIAK SRI INDRAPURA, - Sertifikat kelulusan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (PDTA) merupakan salah satu syarat untuk memudahkan pelajar masuk ke SMP atau MTs. Untuk itu, pandai membaca Alquran merupakan hal yang wajib bagi seluruh anak-anak di Kabupaten Siak ini.

Demikian disampaikan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, saat menghadiri acara wisuda perdana PDTA Se-Kecamatan Mempura di Hotel Grand Mempura, Minggu (29/5/2016). Sebanyak 227 wisudawan dan wisudawati yang berasal dari 13 MDTA di Kecamatan Mempura.

"Di PDTA, semuanya sudah diajarkan mengaji dan shalat, dan hal itu merupakan salah satu syarat masuk SMP dan MTs. Jadi, anak-anak Siak wajib pandai baca Alquran," jelas Syamsuar.

Ikut hadir mendampingi Bupati, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Siak Muharrom, Kepala KUA Kecamatan Mempura Khairul Bahri, Ketua FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Tamiliyah) Kecamatan Mempura Muhammad Jais, Camat Mempura Hendi Darhavin serta dihadiri ratusan undangan.

"Mulai dari sekarang ni lah kito harus memberikan ilmu agama kepada anak-anak kito supayo untuk generasi kedepannyo Siak tidak akan berubah, yakni masyarakat yang ramah, sopan santun serta anak yang hebat dalam segala bidang termasuk agama," pesan Syamsuar dengan logat Melayu.

"Dengan sudah diajarkannya untuk berahlak mulia sejak kecil, saya berharap tidak akan adanya anak-anak kita yang melawan guru, melawan orangtua dan berbuat yang dilarang oleh agama," tambah ayah 3 orang putra ini.

Kepala FKDT se-Kecamatan Mempura Muhammad Jais mengatakan, selain mengajarkan tentang shalat dan mengaji, di PDTA juga diajarkan untuk berahlak mulia sejak kecil. Karna di usia kecil merupakan awal untuk melanjutkan kehidupannya. "Jadi dengan sudah di bekalkan ilmu agama mudah-mudahan bisa jauh dari hal-hal yang dilarang agama," ujarnya.

"Alhamdulilah berkat kerjasama dengan para kepala sekolah PDTA se-kecamatan mempura, kami bisa melaksanakan wisuda akbar untuk yang pertama kalinya ini," tambahnya.

Di akhir acara, Syamsuar mewisudakan wisudawan wisudawati lulusan terbaik dari 13 PDTA yang ada di Kecamatan Mempura dan sekaligus ditutup dengan foto bersama para wisudawan wisudawati yang mempunyai predikat lulusan terbaik.(rls)