SELATPANJANG - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kepulauan Meranti mengadakan pasar murah Ramadan tahun 2016 di Desa Lemang Kecamatan Rangsangbarat, Sabtu (2/7/2016). Dalam kegiatan ini, Demokrat Meranti menyiapkan 1.100 paket.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Bidang OKK Demokrat Meranti Asnan Mahadar, Kapolsek Rangsangbarat Ipda Roemin Putra, Kades Lemang Edi Murkan, dan beberapa pengurus partai.

Menurut Muzamil, Ketua DPC Partai Demokrat Meranti, tujuan mereka mengadakan pasar murah ini adalah untuk membantu meringankan kebutuhan hidup masyarakat. Terlebih saat ini penghasilan masyarakat sangat menurun akibat harga karet 'terjun bebas'

"Kami adakan pasar murah ini karena kami sangat tau masyarakat kita berpenghasilan sebagai petani karet sangat kesusahan. Ini dampak dari jatuhnya harga karet yang tadinya Rp15-20 hari ini tinggal Rp5 ribu," ujar Muzamil.

Guna membantu meringankan kebutuhan warga, tambah Wakil Pimpinan DPRD Meranti ini lagi, mereka berinisiatif menggelar pasar murah menyambut lebaran. Mereka khawatir apabila kesusahan atau himpitan ekonomi terus berlanjut, tindak kriminal pasti akan meningkat di tengah masyarakat.

"Dengan kondisi sekarang, masyarakat tidak cukup kata kasihan saja, harus ada tindakan nyata, peduli dan memberikan solusi. Kita khawatir tingkat kriminalitas akan semakin tinggi kalau sudah urusan 'kampung tengah'," kata Muzamil lagi.

Disampaikan Muzamil juga, mereka sadar bahwa 1.100 paket yang disiapkan ini tidak akan bisa mengcover seluruh masyarakat Rangsangbarat. Namun, setidaknya dengan subsidi Rp4 hingga Rp5 ribu per-item sudah bisa membantu meringankan beban masyarakat. "Apa yang kami lakukan ini bukan maksud menggurui. Mudah-mudahan akan diikuti pihak atau partai lain," kata Muzamil.

"Meski ini yang pertama kali kita adakan, tapi bukan ajang uji coba. Kita melihat kondisi riil di lapangan memang saat ini ekonomi masyarakat sangat melemah," tambah Muzamil.

Di tempat yang sama Kades Lemang Edi Murkan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Demokrat Meranti. Edi mengaku cukup bangga dengan Muzamil, karena beberapa kali wakil rakyat itu membuat kegiatan tetap menunjuk Desa Lemang.

Sementara Romen Putra hanya mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati. Sebab, jelang Idul Fitri 1437 H ini, aktivitas sudah meningkat. "Aktivitas sudah ramai, kendaraan, kempang juga ramai. Saya minta warga masyarakat menjaga keselamatan masing-masing," pesan Roemin.

Pantauan GoRiau, pagi itu ratusan warga telah memadati lokasi pasar murah Ramadan. Panitia pasar murah Ramadan menyediakan beras ladang, minyak goreng, minuman, dan gula. Untuk beras, warga cukup membayar Rp35 ribu untuk 5 kg, Gula Rp12 ribu untuk 1kg, Minyak Goreng Rp12 ribu perliter, dan air soda ukuran 1,5 liter seharga Rp5 ribu.

Untuk satu KK, panitia memberi 2 kupon yang bisa digunakan untuk menukarkan dengan dua item. Pada kesempatan itu, Muzamil juga memberikan santunan kepada orang-orang tua berupa minuman kaleng dan kain sarung. ***