PEKANBARU, GORIAU.COM - Nilai tukar rupiah dengan dollar Amerika yang kian lemah sejak Maret lalu, melambungkan harga barang-barang elektronik. Kenaikannya cukup signifikan mencapai 10 hingga 15 persen.

"Sejak nilai tukar rupiah mencapai Rp13.000 terhadap dollar Amerika, harga jual barang-barang elektronik naik. Walaupun barang kami masih modal yang lama, tapi ada pihak pemilik merk barang tertentu meminta kami menyesuaikan harga," kata Irwan, pemilik toko komputer di Jl. Hang Tuah, Pekanbaru.

Menurutnya, nilai tukar rupiah terhadap dollar sangat berpengaruh terhadap harga komputer yang dijual di tokonya. Daftar harga yang ada di katalog, semua menjadi berubah menyesuaikan dengan harga yang baru.

"Namun kami akan memberi harga tetap bila barang tersebut barang model lama," kata anak muda yang juga melayani perbaikan komputer ini.

Seorang calon pembeli tampak mengeluh dengan kenaikan harga tersebut. "Budjet yang sudah disediakan untuk membeli laptop, terpaksa harus ditambah," ungkap Ayu, pegawai di perusahaan swasta di Pekanbaru.

Ia berharap nilai tukar rupiah segera menguat agar daya beli masyarakat menjadi baik.(wdu)