BANJARNEGARA, GORIAU.COM - Evakuasi korban tanah longsor di Dusun Jemblungan, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara terus dilakukan hingga saat ini. Data terbaru, telah ditemukan 8 korban dalam kondisi tewas, dan 100 orang dalam proses pencarian.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho selakuKepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam siaran persnya, Sabtu (13/12/2014), Tim SAR gabungan dari BPBD, BNPB, TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, relawan dan masyarakat masih melakukan pencarian korban. "Kondisi medan cukup berat. Alat-alat berat diperlukan untuk membuka jalan yang tertutup longsor," kata Sutopo.

Disebutkannya, terkait bencana longsor yang terjadi Jumat (12/12/2014) sekitar pukul 18.00 WIB tersebut, Kepala BNPB Syamsul Maarif, telah melaporkan penanganan bencana kepada Presiden. Bupati Banjarnegara bertindak sebagai pengendali operasi tanggap darurat.

"BNPB mendampingi dan memperkuat BPBD Banjarnegara dan BPBD Jateng dalam penanganan bencana longsor ini," tandas Sutopo.(rls)